Memahami Gerak Teknologi

Wednesday, March 15, 2017
Era modern saat ini memang menjadikan masyarakat melek akan teknologi. Kecakapan dalam mengelola dan mengembangkan teknologi tidak bisa di ragukan lagi. Mulai dari membuat software dan berbagai aplikasi seperti gameonline, kamus berbahasa, hingga toko online yang bisa di gunakan untuk berjualandari yang gratis sampai yang berbayar.

Canggihnya teknologi ini semakin didukung dengan banyaknya universitas yang menghasilkan lulusan-lulusan dari segala jurusan dengan keahlian tentang teknologi. Bisa kita lihat dari Universitas terkenal di Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung(ITB), Institut Teknologi Surabaya(ITS), dan berbagai kampus lainnya. Dengan visi misinya mereka mencetak mahasiswa yang siap memajukan teknologi.

Berbagai lulusan seperti Teknik Informatika, Teknik Mesin, Teknik Elektro maupun Teknik Industri siap diterjunkan untuk menghadapi era modern di masa yang akan datang. Jika dilihat dari sisi positifnya sekilas hal ini akan dapat menjadikan Indonesia sebagai negara dengan teknologi yang tidak kalah saing.Apalagi dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) saat ini Indonesia memang harus selalu berbenah dan bersiaga dalam menghadapi tantangan dari luar terutama dalam hal teknologi.

Memang sudah menjadi kewajibanbagisetiap masyarakat untuk bisa melek teknologi di era seperti sekarang ini. Sebab berbagai informasi mulai dari ekonomi, politik, maupun sosial bisa denganmudah di dapat melalui teknologi, salah satunya adalah media sosial. Kita tidak perlu lagi membeli surat kabar atau bahkan datang ke pemerintah kota hanya untuk memperoleh informasi. Cukup memegang gadget sambil tiduran saja kita sudah bisa melihat berbagai informasi yang ada, tidak hanya di negara sendiri tetapi di seluruh dunia.

Saking begitu canggihnya teknologi hampir apapun yang kita butuhkan bisa kita dapatkan tanpa menunggu lama.Tentu hal ini akan sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhansehari-hari. Sebagai contoh, hasil dari teknologi yang canggih kita tidak perlu lagi pergi ke bank dengan antrian yang panjang dan melelahkan hanya untuk mengirim atau mengambil uang. Cukup dengan memasukkankartu ATM kita bisa melakukannya. Bahkan untuk transfer uang ke rekening lain kita cukup mengaksesnya melalalui gadget sembari menonton televisi di rumah misalnya.

Seperti itulah kecanggihan teknologi saat ini. Namun yang menjadi permasalahannya adalah, bagaimana jika canggihnya teknologi justru dimanfaatkan untuk tindak kejahatan. Banyak dari masyarakat yang sudah di resahkan dengan kecanggihan teknologi. Mulai dari penyebaran berita-berita palsu atas nama instansi atau pemerintah, pemalsuan berkas hingga seperti pembobolan ATM, mudah dilakukan dengan canggihnya teknologi.

Akhir-akhir ini isu terhangatyang banyak menyebar di media sosial adalah penipuan untuk menguras simpanan di bank melalui penggantian kartu 4G. Kecanggihan ini justru di manfaatkanoleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan. Lalu bagaimana respon pemerintah mengenai hal ini? Pemerintah maupun ahli teknologi juga perlu mempertimbangkan atau mengawasi gerak teknologi khususnya di Indonesia. Karena jika tidak begituteknologi yang seharusnya memudahkanjustru akan menghancurkan masa depan bangsa dimasa yang akan datang.

Selain itu, pemerintah juga perlu merancang strategi untuk mengawasi perkembangan teknologi. melalui undang-undang atau pun peraturan prmerintah misalnya. Sebab jika dilihat  perkembangan teknologi justru melaju jauh lebih cepat daripadahukum yang ada. jika hal semacam ini di perhatikan secara baik tentu teknologi akan berkembang sesuai dengan yang di inginkan dan Indonesia akan semakin di mudahkan dengan perkembangan teknologi yang ada.

Oleh : Lailatus Sholihah (ForSHEI 2015)  
 ( 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »