Ada Apa dengan Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang ?

Wednesday, August 23, 2017




Seiring bertambahnya zaman, karya-karya tulis dari para intelektual pribumi maupun non-pribumi semakin berkembang. Akibatnya, lahirlah suatu tempat menghimpun buku yang sering kita sebut dengan Perpustakaan. Perpustakaan adalah suatu tempat yang terdiri dari berbagai buku yang di bentuk oleh instansi maupun individu dan ditujukan kepada masyarakat umum ataupun golongan tertentu untuk digunakan sebagai sarana menimba ilmu pengetahuan. Pada Umumnya, kampus-kampus di dunia maupun di negara Indonesia memiliki perpustakaan untuk dijadikan sebagai sarana penujang proses perkuliahan. UIN Walisongo Semarang merupakan salah satu kampus yang menyediakan Perpustakaan baik setiap fakultas maupun seuniversitas. Di UIN Walisongo Semarang Perpustakaan universitas atau lebih akrab dengan sebutan Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang. terletak di Area Kampus III UIN Walisongo Semarang dengan bangunan dua tingkat.

Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang dapat dikunjungi pada hari senin-sabtu sedangkan pada minggu dan hari libur nasional perpuatakaan tutup. Pengunjung Perpustakaan kebanyakan adalah para dosen, mahasiswa, dan  instansi dalam maupun luar kampus. Para pengunjung datang untuk membaca ataupun meminjam buku dari Perpustakaan. Terdapat juga mahasiswa yang berkunjung ke teras Perpustakaan untuk membentuk suatu kelompok diskusi kecil dan tidak sedikit mahasiswa yang memanfaatkan fasilitas koneksi wifi di ruang internet untuk mengerjakan tugas ataupun hanya mencari hiburan semata. 

Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang memiliki berbagai koleksi buku mulai dari buku agama hingga umum. Untuk koleksi buku agama terdapat di lantai satu sedangkan koleksi buku umum terdapat di lantai dua. Selain itu  jika dirasa kesulitan untuk menemukan suatu buku. Dapat memnggunakan komputer yang telah disediakan khusus untuk memudahkan dalam menemukan suatu buku. Perpustakaan ini juga menyediakan fasilitas komputer yang telah disediakan di Ruang internet. Para pengunjung diperbolehkan untuk memakai komputer tersebut apabila merasa jenuh dengan buku atau lebih suka memperoleh pengetahuan dengan cara searching internet. Tidak hanya itu Ruang Referensi dan Ruang membaca Novel juga disediakan  bagi para pengunjung Perpustakaan. Dan pada hari-hari tertentu Perpustakaan ini memberikan jasa American Corner yaitu berupa seminar bahasa inggris yang bekerjasama dengan Kedutaan AS di Indonesia.

Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang kini tidak hanya menampung buku-buku agama saja. Perubahan IAIN menjadi UIN mengakibatkan kemunculan fakultas-fakultas yang basisnya umum sehingga Perpustakaan ini juga menampung buku-buku bacaan seputar perkuliahan umum. Mahasiswa dan dosen prodi general yang belum memiliki Perpustakaan Fakultas sendiri tepat apabila berkunjung ke Perpustakaan ini. Sebab buku-buku pengetahuan umum yang kini tersedia dapat di jadikan sebagai referensi pada pembelajaran perkuliahan.

Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang disediakan untuk membantu dalam menunjang proses perkuliahan. Maka dari itu, sebagai warga kampus kita harus mengoptimalkan fasilitas perpustakaan ini. Sebab, membaca buku adalah modal utama untuk menggali pengetahuan dan akan menunjang keaktifan kita dalam rutinitas perkuliahan.



Oleh : Miftahul Ulum (Kader ForSHEI 2016)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
28 August 2017 at 14:31 delete

Sudah saatnya perpus institut ada kumpulan skripsi/ tesis smua jurusan. Trima kasih

Reply
avatar