Sarasehan bareng KA-FoSSEI Regional Jawa Tengah


Semarang – 07/02, Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) mengadakan sarasehan sebagai rangkaian acara RTT FoSSEI Regional Jawa Tengah bersama KA-FoSSEI Regional Jawa Tengah yang betempat di Joglo Coffee dengansuasana kejawen. Acara dibuka pukul 20.15 WIB, dipandu oleh saudari Firda. Seluruh peserta RTT, pengurus FoSSEI Regional Jawa Tengah, dan Keluarga Alumni (KA) FoSSEI Jawa Tengah turut hadir dalam acara tersebut.
Acara dibuka dengan bacaan ummul kitab yang dipimpin oleh moderator, kemudian dilanjutkan sharing bersama. Penyampaian pertama dari Saudara Agung Nurdiansyah Firdaus selaku koordinator FoSSEI Regional Jawa Tengah. “Kegiatan kali ini merupakan kumpul bersama KA dan pengurus FoSSEI Regional Jawa Tengah, seluruh KSEI se-Jawa Tengah. Tujuannya untuk sharing pengalaman”, ujar Agung. Dengan adanya sarasehan ini, diharapkan setiap KSEI saling berbagi pengalaman selama menjalankan roda kepenurusan. Sehingga permasalahan yang belum menemukan solusi dapat terpecahkan dalam forum sarasehan.
Penyampaian kedua oleh Saudara Fatchurrahman, S.H.I. beliau berpesan untuk selalu berkorban di majelis pertimbangan. Ketiga, penyampaian dari Saudara Shofa Hasan, S.E. Dia berpesan bahwa peluru nyasar itu harus diambil hikmahnya. Dan yang terakhir penyampaian dari Saudara Iwan. “Sesuatu yang baik pasti dipersulit, tetapi ada jalan keluarnya. Dan sifat manusia itu belajar, karena manusia tidak ada yang sempurna”, kata Iwan.
          Seusai acara ditutup, dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) yang dibagi menjadi 7 kelompok yaitu kelompok pertama tediri dari Ari, Nisfa, M. Taufiqur, Septian, Tat, M. Khusnul, Endi, Ajeng, Izzatus, Lita. Kelompok kedua terdiri dari Dian, Ririn, Danang, Endi, Slamet, Rufaida, Dwi, Devi, Milati, Wahyu. Kelompok ketiga terdiri dari Ria, Nurul, M. Riyanatta,  Halifah, Anwar, Ahmad, M. Faiq, Indah, Ulfah, Priscali. Kelompok keempat yaitu Ilham, Fauzan, Malikhatul, Nur, Sri, Alfian, As'ad, Abdul, Ahmad Syaiful. Kelompok kelima yaitu Jihad, Adimas, Roifatul, Rifa, Aisyah, Bayu, Hasbi, Syafwan, David, Nover. Kelompok keenam terdiri dari Deri, Jamaludin, Ratna, Riswati, Rimis, Mulki, Eva, Syahrizan, Rizki. Dan yang terakhir kelompok tujuh yaitu Nailal, M. Zakariya, Dwi Priyo, Nakila, Wahyu, Rokhiman, Dwi Ayya, Hesti Dini. Setiap kelompok diacak dari berbagai KSEI yang hadir.
Kelompok yang telah dibagi tersebut diskusi bersama mengangkat permasalahan ekonomi Islam. Lalu salah satu dari anggota kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Presentasi pertama perwakilan kelompok 2 yang membahas transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli dengan sikap saling rela. Kedua diwakilkan dari kelompok 1 yang membahas mengenai hal halal haramnya go pay dengan akad salam. Kemudian FGD ditutup dan peserta kembali ke kampus 3 UIN Walisongo menggunakan motor dengan panitia.



Posting Komentar

0 Komentar