9 Cara Ampuh Mendapat Beasiswa di Kampus Tercinta

Biaya kuliah semakin tidak murah membuat orang tua harus memutar otak jika anaknya ingin kuliah, kalian juga harus bisa membantu meringankan orang tua dalam mencari biaya kuliah, salah satunya dengan giat mencari beasiswa.



Ada banyak sekali beasiswa yang disediakan oleh pemerintah maupun pihak kampus. Meskipun demikian beasiswa tersebut juga tidak serta-merta bisa kamu dapatkan begitu saja. Tetap ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu penting bagi kalian untuk mengetahui 9 cara ampuh mendapat beasiswa di bawah ini.

1. Jaga Kesehatan IPK

IPK adalah singkatan dari Indeks Prestasi Kumulatif atau dalam bahasa kerennya GPA (Grade Point Average) merupakan angka yang menunjukkan prestasi atau keberhasilan studi mahasiswa dari semester pertama sampai dengan semester terakhir, yang telah ditempuh secara kumulatif. Lalu mengapa kesehatan IPK kalian perlu dijaga? Karena IPK sangat berpengaruh terhadap diterima tidaknya kalian. Sehingga penting buat kalian menjaga kesehatan IPK nih, minimal 3,00 buat PTN dan 3,50 buat PTS yah.

2. Tingkatkan Kemampuan Bahasa

Pentingkah? Jelas penting dong gengs, karena kemampuan berbahasa akan menjadi poin plus buat kalian, terkadang ada beasiswa yang mewajibkan wawancara menggunakan bahasa asing lhoh.

3. Ciptakan Curiculum Vitae (CV) yang Informatif

Curiculum Vitae (CV) merupakan daftar riwayat hidup yang memberikan gambaran mengenai pengalaman kalian. Dengan adanya CV pemberi beasiswa akan mengetahui sejauh mana pengalaman serta mendapatkan gambaran bagaimana diri kalian selama ini berkembang. Karena itu, pastikan kamu membuat CV yang representatif tapi tetap informatif.

4. “Jual” Dirimu Lewat Motivation Letter

Motivation Letter merupakan salah satu syarat yang sering diajukan dalam pendaftaran dibidang pendidikan, seperti beasiswa gitu lhoh gengs. Surat ini membantu untuk menyeleksi pendaftar, tujuan dari surat ini adalah untuk menunjukkan mengapa kalian tertarik mengikuti seleksi beasiswa tersebut dan memperlihatkan mengapa kalian layak mendapatkan beasiswa. Motivation letter ini adalah bagian paling krusial yang akan menentukan bagaimana kelanjutan lamaran beasiswamu.

Untuk membuat motivation letter yang baik kalian perlu menjelaskan tentang diri kalian dengan jelas dan sedetail mungkin, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, nama orang tua, asal sekolah, bahkan prestasi yang kalian miliki. Yakinkan pemberi beasiswa bahwa kamu punya komitmen untuk memberikan yang terbaik sehingga layak menerima beasiswa tersebut.

Satu yang paling penting, kamu harus punya passion atau soft skill nih gaes, karena softskill yang kalian miliki akan sangat berpengaruh dalam proses seleksi. Selain itu jelaskan juga alasan kalian mendaftar beasiswa dan mengapa kalian pantas menerima beasiswa tersebut. Karena itu, uraikan keunggulan dan rencana kalian setelah lolos seleksi beasiswa.

5. Segera Lengkapi Persyaratan Beasiswa yang akan Kalian Ikuti

Buat temen-temen yang mau daftar beasiswa, penting banget nih buat melengkapi daftar persyaratan beasiswanya. Jangan sampai ada yang ketinggalan ya gengs, oleh karena itu kalian harus mempersiapkan persyaratannya dari jauh-jauh hari agar tidak terburu-buru dan dokumen yang kalian sertakan pun lengkap.

6. Tambah Pengalaman Kalian di Organisasi yang Kalian Tekuni

Apa berpengaruh? Berpengaruh dong gengs, dengan berorganisasi akan menambah relasi dan teman, selain itu organisasi akan memudahkan kalian saat meminta rekomendasi, dan paling penting organisasi akan menambah kepercayaan diri dan modal daya jual.

7. Latihan Sebelum Interview

Bingung? Grogi? Bicara terbatah-batah? Waaah penting nih buat kalian yang mau wawancara, kalian perlu latihan wawancara dulu, persiapkan diri juga mental kalian, karena kalian akan diwawancarai oleh orang professional dan juga ini menjadi penentu lulus tidaknya kalian lhoh.

8. Tunjukkan Bahwa Beasiswa yang Kalian Ikuti Akan Menunjang Perkuliahan Kalian

Saat kalian mendaftar beasiswa tunjukkan kalau beasiswa itu akan sangat bermanfaat buat kalian, beasiswa ini juga dapat menjadikan kalian lebih semangat belajar, dan pastinya kalian harus tunjukkan jika kalian lolos beasiswa kalian akan berkontribusi, aktif dan turut berpartisipasi dalam segala kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas beasiswa tersebut. Karena itu kalian juga harus aktif di kegiatan sosial dan organisasi yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

9. Coba Lagi dan Coba Terus

Sekali mencoba apply beasiswa kalian belum tentu akan lolos. Jangan langsung putus asa dan merasa tidak memenuhi kualifikasi. Banyak kok yang harus mencoba berkali-kali sampai akhirnya bisa lolos beasiswa. Justru dengan pernah gagal kalian akan tahu apa yang harus kalian perbaiki untuk bisa menjadi kandidat yang lebih baik.

Nah, itu 9 cara ampuh mendapatkan beasiswa yang bisa kalian terapkan. Pastikan kamu menerapkan cara tersebut agar mendapat beasiswa yang kalian inginkan ya, selamat mencoba!

Sumber gambar : schollarsofficial.com

Penulis
Nisaul Hanik
(Kader forshei 2017)