MANAJEMEN

1. Pengertian Manajemen

Pengertian manajemen George R. Terry adalah proses yang khas yang terdiri atas Tindakan-tindakan planning, organizing, actuating, dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya. 

2. Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen itu sendiri mengandung arti bahwa dari berbagai elemen dasar yang ada dan sedang di dalam proses manajemen itu sendiri menjadi sebuah patokan bagi manajer untuk melaksanakan tugasnya, 

Menurut George R. Terry dalam bukunya Principles of Management Fungsi-fungsi manajemen ada empat, yaitu:
A. Planning (perencanaan), adalah pemilih fakta dan penghubungan fakta-fakta serta pembuatan dan penggunaan perkiraan-perkiraan atau asumsi-asumsi untuk masa yang akan datang dengan jalan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

B. Organizing (pengorganisasian), penentuan, pengelompokkan, dan penyusunan macam-macam kegiatan yang dipeelukan untuk mencapai tujuan, penempatan orang-orang (pegawai), terhadap kegiatan-kegiatan ini, penyediaan faktor-faktor physik yang cocok bagi keperluan kerja dan penunjukkan hubungan wewenang, yang dilimpahkan terhadap setiap orang dalam hubungannya dengan pelaksanaan setiap kegiatan yang diharapkan.

C. Actuating (pelaksanaan/penggerakan), adalah membangkitkan dan mendorong semua anggota kelompok agar supaya berkehendak dan berusaha dengan keras untuk mencapai tujuan dengan ikhlas serta serasi dengan perencanaan dan usaha-usaha pengorganisasian dari pihak pimpinan.

D. Controlling (Pengawasan), Pengawasan dapat dirumuskan sebagai proses penentuan apa yang harus dicapai yaitu standard, apa yang sedang dilakukan yaitu pelaksanaan, menilai pelaksanaan, dan bilaman perlu melakukan perbaikan-perbaikan, sehingga pelaksanaan sesuai dengan rencana, yaitu selaras dengan standard (ukuran).

3. Macam-macam Manajemen
Manajemen dapat ditinjau dari beberapa segi, yaitu dari segi sifat kerja, segi ruang lingkup/luasnya, dan segi pandangannya.
A. Segi sifat kerja, digolongkan menjadi sebagai berikut:
a. Manajemen administratif
b. Manajemen operatif
c. Selain manajemen administrative dan manajemen operatif, yang mana disebut manajemen interpretor.

B. Segi luasnya, digolongkan menjadi sebagai berikut:
a. Makro manajemen
b. Mikro manajemen

Segi pandangannya, digolongkan menjadi sebagai berikut:
a. Manajemen sebagai proses
b. Manajemen sebagai kolektivitas
c.  Manajemen sebagai kerangka wewenang dan tanggung jawab
d. Manajemen sebagai keseluruhan kegiatan dalam lingkungan organisasi.

4. Karakteristik Manajemen
Karakteristik dasar manajemen adalah:
a. Manajemen bersifat luas: Kegiatan yang terlibat dalam mengelola suatu perusahaan adalah hal yang umum bagi semua organisasi baik ekonomi, sosial atau politik.
b. Manajemen bersifat multidimensi: 
Manajemen adalah aktivitas kompleks yang memiliki berbagai dimensi.
c. Manajemen adalah proses yang berkelanjutan: Proses manajemen adalah serangkaian fungsi yang berkelanjutan, komposit, tetapi terpisah (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, penempatan staf, dan pengendalian). Fungsi-fungsi ini secara bersamaan dilakukan oleh semua manajer sepanjang waktu.



Sumber Gambar: finansialku.com

Penulis: Tim materi forshei

Posting Komentar

0 Komentar