BSI Masuk Deretan Bank Terbaik Dunia Versi Forbes

Majalah bisnis terkemuka Amerika Serikat Forbes kembali merilis daftar bank terbaik dunia. Laporan bertajuk The World’s Best Banks menunjukkan bahwa pada tahun 2021, sekitar 500 bank di seluruh dunia dianugerahi oleh konsumen sebagai salah satu bank terbaik dunia. Seperti yang kita ketahui bersama, penyebaran Covid-19 telah menyebabkan perekonomian global mengalamai stagnasi sejak kemunculannya pertama kali pada tahun 2019 dan tidak dapat dipungkiri bahwa sistem perbankan menjadi pemain penting dalam upaya pemulihan ekonomi. Pada tahun ketiga ini, Forbes bekerjasama dengan Market Research Firm Statista melakukan survei kepada 43.000 konsumen di 28 negara di seluruh dunia untuk mengetahui pandangan mereka tentang bank yang dipilih.

Dalam daftar yang diterbitkan Forbes, Indonesia turut menyumbang sejumlah nama-nama besar bank yang berhasil menerima penghargaan, salah satunya adalah Bank Syariah Indonesia (BSI). Kendati baru beroperasi selama tiga bulan, BSI yang merupakan bank hasil merger mampu menempati peringkat ke-40 bank terbaik dunia versi Forbes. Penilaian ini didasarkan pada lima kriteria berbeda yaitu trust (kepercayaan), terms and conditions (syarat dan ketentuan), customer services (layanan konsumen), digital services (layanan digital) dan financial advice (nasihat keuangan).

Tren utama dalam daftar tahun ini adalah terus berkembangnya bank digital atau layanan perbankan secara daring yang semakin populer di kalangan konsumen di Asia, Eropa, Amerika Latin dan Amerika Serikat. Mengutip dari laman cnnindonesia.com, sepanjang kuartal I 2021 nilai transaksi digital yang sudah dicatatkan BSI sebesar Rp 40,85 triliun. Kontribusi terbesar transaksi digital ini berasal dari transaksi melalui layanan BSI Mobile yang mencapai Rp 17,3 triliun. Hery Gunardi selaku Direktur Utama BSI menyatakan bahwa kenaikan nilai transaksi digital disebabkan volume transaksi pembayaran melalui berbagai layanan meningkat sebesar 43,3% secara year on year (yoy). Terlebih dari BSI Mobile yang volume transaksinya mencapai 14,65 juta atau naik 72,35%. Bahkan, BSI Mobile tidak hanya mencakup layanan perbankan atau transaksi finansial, tetapi juga kegiatan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari nasabah seperti pembukaan rekening online, kemudahan transaksi bagi nasabah melalui fitur transfer, belanja online, transaksi QRIS, top up pulsa, beli token listrik, top up e-wallet, hingga pembayaran biaya sekolah. Selain di BSI Mobile, transaksi digital juga meningkat di internet banking sekitar 24%, kartu debit dan kartu kredit 17%, serta ATM 14%.

Penghargaan bank terbaik dunia versi Forbes menjadi motivasi bagi BSI untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada nasabah dan masyarakat luas, serta mendorong pengembangan ekonomi syariah demi kesejahteraan umat di masa mendatang. Adapun BSI telah berkomitmen untuk mewujudkan kesejahteraan umat dengan melaksanakan berbagai agenda keuangan berkelanjutan seperti program ekonomi desa, ketahanan pangan, beasiswa sociopreneur, dukungan kepada UMKM, serta berperan aktif dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional.

 

Sumber Gambar: Kompas.com


Penulis:

Nela Aini Najah

Post a Comment

0 Comments