COMPANY PROFILE FORSHEI

Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (ForSHEI) adalah sebuah organisasi kemahasiswaan yang konsen dalam kajian ekonomi syari’ah dan hukum ekonomi Islam. Dibentuk di kampus IAIN Walisongo Semarang, tepatnya di Jurusan Muamalah Fakultas Syari’ah pada pertengahan bulan Maret tahun 2008 oleh sekelompok mahasiswa Jurusan Muamalah angkatan 2006 dan didukung oleh sebagian angkatan 2004.
Di lingkungan Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semrang, Jurusan Muamalah merupakan program studi favorit, hal ini bisa dilihat dengan kuantitas mahasiswanya yang hampir tiap tahun ajaran baru mendapat jumlah mahasiswa yang berkuantitas. Hal ini dikarenakan, dengan ditelurkannya Amandemen UU No. 3 tahun 2006 tentang kewenangan Pengadilan Agama (PA) dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah menjadi daya tarik tersendiri oleh calon mahasiswa, oleh karena itu jurusan muamalah fakultas Syari’ah menjadi harapan dan sarana untuk meraih masa depan dalam meraih peluang kerja.
Dalam perkembangannya, ForSHEI telah menyelenggarakan beberapa event baik skala Regional maupun Nasional. Kegiatan pertama yaitu Seminar Nasional dan Workshop Ekonomi Islam pada bulan Mei 2008 di Kampus IAIN Walisongo Semarang dengan menghadirkan Pembicara dari DPP IAEI (Ikatan Ahli Ekonomi Islam), MES (Masyarakat Ekonomi Syari’ah) Semarang dan Kantor Bank Indonesia Semarang serta diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi se-Jawa Tengah melalui KSEI-nya (Kelompok Studi Ekonomi Islam).
Kemudian ForSHEI juga telah mengadakan kunjungan kerja ke sejumlah Lembaga Keuangan Syari’ah se-Kota Semarang diantaranya Bank Syari’ah Mandiri, BNI Syari’ah, Bank Permata Syari’ah, Asuransi Syari’ah Bumiputera, SWA Consult Semarang dan juga Kantor Bank Indonesia Semarang.
Selanjutnya, dalam menyikapi isu krisis ekonomi global yang terjadi pada beberapa waktu yang lalu, ForSHEI mengadakan diskusi selama 1 minggu untuk membahas persoalan secara mendalam. Selang beberapa waktu kemudian mendelegasikan salah satu kader ForSHEI untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ekonomi Syari’ah (LKTES) se JATENG-DIY yang diadakan oleh KSEI UNNES dan mendapatkan juara harapan I. Hingga saat ini tercatat + 85 anggota aktif ForSHEI mulai dari angkatan 2006-2010.
Pada akhir tahun 2008, ForSHEI mengadakan acara Seminar Regional akhir tahun untuk mengevaluasi kinerja perbankan syariah di kota semarang selama tahun 2008 dengan pembicara dari Bank BPD Jateng Syariah dan Kantor Bank Indonesia Semarang. Selain menyelenggarakan event-event tersebut, ForSHEI juga aktif dalam diskusi rutinan tiap dua kali dalam seminggu dengan menggunakan kurikulum terbitan DPP IAEI.
Selanjutnya di awal tahun 2009 yaitu pada tanggal 5-9 Maret 2009 sebanyak 8 (delapan) anggota ForSHEI didelegasikan untuk mengikuti Temu Ilmiah Nasional, Simposium Nasional, Lomba Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Syariah, Olimpiade Ekonomi Syariah dan Konferensi Internasional Ekonomi Syariah yang diselenggarakan oleh Presidium Nasional FoSSEI (Forum Silaturrahmi dan Studi Ekonomi Islam) bekerjasama dengan KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Syariah) Universitas Udayana Denpasar Bali. Tiga (3) dari delegasi ForSHEI mengikuti lomba olimpiade dan satu (1) mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah. Di event tahunan serupa pada bulan Maret 2010 ForSHEI mendelegasikan 3 (tiga) kadernya untuk berangkat ke IAIN Medan Sumatera Utara.
Selain itu, ForSHEI IAIN Walisongo juga pernah mendapatkan kehormatan untuk menyelenggrakan event tahuan Temu Ilmiah Regional (TEMILREG) Forum Silaturrahmi Ekonomi Islam (FoSSEI) Regional Jawa Tengah pada tanggal 9-10 April 2011 di IAIN Walisongo Semarang dengan peserta seluruh Kelompok Studi Hukum Ekonomi Islam (KSEI) di wilayah Jawa Tengah
Kegiatan terakhir adalah recruitment anggota baru dan Workshop Ekonomi Syari’ah dasar (Sharia Economic Training I dan II) sebagai pintu gerbang kaderisasi di ForSHEI untuk mencetak generasi intelektual muslim dalam bidang ekonomi syari’ah di awal semester ganjil pada tiap tahun ajaran.


VISI DAN MISI
Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (ForSHEI)
Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang

VISI
Membumikan Konsep Ekonomi Islam di Indonesia serta mewujudkan Kader Intelektual Muslim dalam bidang Ekonomi Syari’ah

MISI
  • Menambahkan nilai-nilai moral dan pemantapan aqidah
  • Memberikan bekal wacana keislaman dalam hal ibadah dan Muamalah ala ahlussunnah wal jama’ah
  • Memberikan bekal ilmu amaliah dan ilmiah
  • Memberikan kecakapan dan keterampilan yang berguna bagi diri pribadi, agama, bangsa dan negara