Hebatnya Pariwisata Halal di Jawa Tengah

Thursday, April 13, 2017
Halal merupakan suatu kebutuhan yang sangat urgent bagi masyarakat. Bukan sekedar suatu kebutuhan trend melainkan kebutuhan yang melekat pada diri seseorang. Kebutuhan halal yang diinginkan masyarakat bukan hanya pada sektor kesehatan saja melainkan pada sektor kepuasan batin misalnya pariwisata halal. Bahkan pariwisatalah yang akan digadang sebagai penyumbang perekonomian Negara. Berikut wawancara oleh Siti Mudrikah dan Fitrotul Muna dengan bapak Bambang Siswanto,S.Sos,M.M sebagai Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.
Bagaimana Potensi Pariwisata Halal di Jawa Tengah?
Potensi pariwisata halal di jawa tengah sangatlah tinggi seperti kita lihat dari banyaknya destinasi paket –paket pariwisata yang sudah ada seperti pariwisata relegi (ziarah). Contohnya pada makam sunan kalijogo yang selalu ramai peziarah, bukan Cuma pada wisata religi saja tetapi ada pada wisata yang lain. Untuk potensi kunjungan  pariwisata halal cukup tinggi, pasar dunia telah memprediksi pada tahun 2019 sebesar 20 juta wisatawan dari negara ASEAN dan negara OKI. Maka dari ituJawa Tengah harus dapat menarik para wisatawan yang cukup banyak, untuk mengunjungi pariwisata halal yang ada di Jawa Tengah, dilihat dari situ kita harus memiliki cara untuk menarik para wisatawan agar dapat berkunjung ke Jawa Tengah dengan meningkatkan fasilitas-fasilitas Parawisata, menambah keunikan cinderamata, dan tempat-tempat yang nyaman untuk di kunjungi. Kementrian pariwisata menargetkan untuk kunjungan wisatawan di jawa tengah sekitar 2 juta wisatawan. Jadi potensi yang dimiliki jawa tengah ini dapat menjadi potensi yang sangat berpengaruh bagi pendapatan masyarakat tersebut dan juga membantu perekonomian Negara, asal bisa mengembangkan dan memperluas informasi tentang pariwisata Jawa Tengah.
Apa kategori pariwisata halal yang ada dijawa tengah?
Kategori wisata di Jawa Tengah bukan hanya pada wisata religi saja, karena yang dinamakan halal bukan yang religi saja, melainkan dilihat dari sudut pandang makanan yang disajikan, tempat yang disediakan juga fasilitanya. Diantara wisata-wisata tersebut adalah wisata  Sejarah misalnya di museum-museum, wisata kuliner yang menyajikan makanan halal, wisata budaya , dan wisata belanja.
Apa yang Membedakan ( keunikan) wisata di Jawa Tengah?
Dilihat dari sudut panjang religi, jawa Tengah memiliki wali-wali yang sangat banyak diantaranya sunan kalijogo, sunan kudus dan sunan muria. Dan budaya yang dibawa para wali tersebut bukan hanya mencerminkan islam saja, misalnya bangunan yang di sunan kudus terdapat arbritase.  Dan juga terdapat event-event pada saat tertentu yang dapat menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang ke jawa tengah. Contohnya adanya syawalan  yang  selalu ada di setiap kabupaten kota yang ada di Jawa Tengah yang dilakukan setiap selesai lebaran Idhul Fitri. Syawalan ini merupakan budaya islam yang sudah mendarah daging atau sudah menjadi kebudayaan di tanah jawa. hal ini merupakan salah satu faktor unik yang terdapat di Jawa Tengah.
Bagaimana caranya agar pariwisata di jawa tengah dapat mencapai target yang telah disebutkan tadi?
Untuk mencapai target itu pemerintah, sektor swasta, dan perguruan tinggi saling bersumbangsih untuk meningkatkan dan mempromosikan pariwisata halal uyang ada di Jawa Tengah. Bukan hanya berhenti dalam potensi-potensi saja dan dugaan-dugaan. Maka dari itu semua aspek yang telah di sebutan tadi harus dapat bersumbangsih dan ambil alih dalam pengmebangan potensi pariwisata halal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »