Peringati Febi Fair 2018, KSEI forshei Gelar Pelatihan Desain Grafis


Semarang – Dalam rangka memeriahkan FEBI Fair yang diadakan DEMA FEBI UIN Walisongo Semarang forshei (Forum Studi Hukum Ekonomi Islam) mengadakan pelatihan desain grafis. Acara ini berlangsung pada hari Rabu (11/18) yang bertempat di aula American Corner, Perpus Pusat UIN Walisongo Semarang.Pelatihan desan grafis ini diisi oleh saudara Aziz Santoso yang berlangsung dari jam 09.21WIB sampai 12.00 WIB. Pelatihan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari berbagai jurusan yang ada di UIN Walisongo bahkan ada yang dari kampus lain. 

Sebelum acara berlansung peserta diberi fasilitas makan ringan, sedangkan sertifikat akan diberikan setelah acara.Acara dibuka oleh saudari Mariana dilanjut sambutan atas nama ketua forshei yang diwakili oleh Ulul Fahmi selaku BPH forsheidalam sambutanya ia memberikan alasan kenapa mengadakan pelatihan desain grafis karena desain grafis sangat dibutuhkan di zaman sekarang, terutama dibidang pemasaran. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan desain yang berkaitan dengan dasar-dasar desain grafis dalam aplikasi coreldraw.

Desain grafis sendiri adalah adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dikatakan komunikasi visual karena desain grafis adalah bentuk seni dengan tujuan untuk memecahkan masalah komunikasi melalui kombinasi elemen grafis seperti bentuk, garis, warna, dan sebagainya. Visual yang tercipta diharapkan dapat menjadi sarana penyampaian informasi atau pesan secara jelas dan efektif, bahkan mampu membentuk persepsi manusia akan sebuah hal. 

Untuk membuat desain grafisaplikasi yang biasa digunakan adalah aplikasi corel draw. Aplikasi ini memuat berbagai tools yang memudahkan dalam pembuatan desain grafis. Selanjutnya pemateri menjelaskan tools apa saja yang ada pada corel draw. Kemudian dilanjutkan dengan penerapan tools tersebut untuk dapat membuat desain grafis. Selain itu teknik-teknik dasar juga diperkenalkan seperti trim, weld, intersect dan lain-lain. 

Setelah itu peserta diajak praktik langsung membuat desain grafis yang sederhana seperti logo-logo atau membuat simbol-simbol. Peserta terlihat antusias dengan pelatihan ini. Meskipun terlihat beberapa peserta yang bingung dalam membuatnya namun  ada kakak-kakak pembimbing yang siaga membantu mereka. Banyak hal yang diharapkan dari adanya pelatihan ini. Diantaranya, peserta dapat mengasah kemampuan softskill mereka dalam bidang ini. Terlebih dewasa ini kemampuan akan desain grafis banyak dibutuhkan. Tak hanya belajar di dalam pelatihan ini saja namun juga peserta harus lebih giat belajar diluar dan mengembangkan imajinasinya karena ilmu ini tidak bisa dipelajari dalam sekali belajar sehingga dibutuhkan sistem belajar yang kontinue untuk dapat menjadi seorang desainer grafis. Setelah selesai materi, selanjutnya adalah penyerahan sertifikat yang diberikan oleh BPH Forshei yang diwakilkan oleh Ulul Fahmi kepada pemateri saudara Aziz Santoso. Pelatihan ini berakhir pada pukul 12.00 WIB dan diakhiri dengan foto bersama. 


Oleh: Mufrodah (Kader 2017)

Posting Komentar

0 Komentar