Sharia Economic Event (SHEVENT) 2019

Saturday, November 23, 2019

Semarang, 22/11 Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan SHEVENT (Sharia Economic Event) 2019. Acara ini  bertemakan “Aktualisasi Sumber Daya Insani dalam Pengembangan Mutu Local Wisdom” yang terdiri dari beberapa lomba yaitu lomba Essay, Infografis, dan Olimpiade Ekonomi Islam. Lomba Olimpiade  Ekonomi Islam berlangsung selama dua hari pada hari Kamis-Jum’at, 21-22 November 2019 bertempat di Auditorium 1 Kampus 1 UIN Walisongo Semarang.

Lomba ini diikuti oleh 36 perserta dari 12 KSEI Se-Komisariat Semarang. Masing-masing tim yang beranggotakan 3 orang ini mengikuti serangkaian tahap perlombaan yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final.

Babak penyisihan dilaksanakan pada hari Kamis dengan masing-masing tim mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh panitia. Dari babak penyisihan ini terdapat 6 tim dengan poin tertinggi untuk mengikuti babak selanjutnya, yaitu babak semifinal. Adapun 6 tim yang lolos untuk mengikuti babak semifinal adalah 3 tim dari KSEI FE UNNES dan 3 tim dari KSEI FEB UNDIP.

Babak semifinal dilaksanakan pada hari Jum’at mulai pukul 09.00 WIB. Babak semi final ini terdiri dari beberapa sesi yaitu sesi pertanyaan wajib dengan 10 soal berketentuan 10 poin untuk jawaban benar dan 0 untuk jawaban salah, sesi rebutan dengan 10 soal berketentuan 10 poin untuk jawaban benar dan -5 poin untuk jawaban salah, dan sesi trivial dengan 10 soal berketentuan 10-100 poin untuk jawaban benar dan dikurangi setengah poin benar untuk jawaban salah. Dari babak semifinal tersebut diambil 4 tim dengan poin tertinggi untuk mengikuti babak final yaitu, tim E (KSEI FE UNNES) dengan 85 poin, tim D (KSEI FEB UNDIP) dengan 40 poin, tim C (KSEI FE UNNES) dengan 25 poin, dan tim F (KSEI FEB UNDIP) dengan 25 poin.

Pada babak final, 4 tim yang lolos diberikan jeda waktu 10 menit untuk mempersiapkan diri, terhitung dari selesainya babak semifinal. Masing-masing tim diberikan kesempatan untuk mengambil undian nomor tampil dan studi kasus yang akan mereka pecahkan untuk dipresentasikan. Para tim diberikan waktu 10 menit untuk menganalisis dan memecahkan sebuah studi kasus yang selanjutnya dipresentasikan selama 5 menit. Para tim juga mendapatkan 1 pertanyaan dari juri dan 1 pertanyaan dari lawan dengan waktu 3 menit. Dari babak final diperoleh tim dari Saudari Rizka Ulya (KSEI FEB UNDIP) sebagai juara 1 dengan 77,1 poin, tim dari Saudara Kurniawan (KSEI FE UNNES) sebagai juara 2 dengan 76,5 poin, tim dari Saudari Erna Fatmawati (KSEI FEB UNDIP) sebagai juara 3 dengan 76,2 poin, dan tim dari Saudari Ari Hapsari (KSEI FE UNNES) sebagai juara harapan dengan 73,8 poin.

Lomba essay berlangsung pada hari Jum’at, 22 November 2019 bertempat di Auditorium I  kampus 1 UIN Walisongo Semarang. Lomba ini diikuti oleh 21 peserta yang terdiri dari 7 tim. Masing-masing tim beranggotakan 3 orang. Lomba dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan presentasi dari masing-masing tim dan sesi tanya jawab. Presentasi dilakukan sesuai dengan nomor undi yang telah didapat. Presentasi pertama disampaikan oleh KSEI FEB UNDIP. Kedua, disampaikan oleh KSEI UNISSULA dan dilanjutkan oleh KSEI FE UNNES. Lalu presentasi keempat disampaikan oleh KSEI FE UNNES dilanjutkan oleh KSEI FEB UNDIP. Dilanjutkan presentasi oleh KSEI COMES STIE BPD JATENG dan yang terakhir sebagai penutup oleh KSEI FE UNNES. Dari perlombaan ini diperoleh tim dari Saudari Dinda Ayu (KSEI FE UNNES) sebagai juara 1 dengan  164,375 poin, tim dari Saudari Nanda Lestari (KSEI FE UNNES) sebagai juara 2 dengan 146,75 poin, dan tim dari Saudari Ananda Genta Tribuana (KSEI COMES STIE BPD JATENG) sebagai juara 3 dengan 145,75 poin.

Lomba infografis mengangkat tema “Sejarah Awal Masuknya Agama Islam di Indonesia” yang bertempat di Auditorium I kampus 1 UIN Walisongo Semarang. Presentasi yang pertama disampaikan oleh Saudari Nurhayati Al Ismi Arif (KSEI JAZIRAH POLINES), kedua disampaikan oleh Saudara Falah Hikamudin Arby (KSEI UNISBANK), ketiga disampaikan oleh Saudari Wahyu Lia Wulandari (KSEI FE UNNES),  keempat disampaikan oleh Bambang Nurdiansyah (KSEI HIMMAH UNISSULA), kelima disampaikan oleh Saudari Rizqi Purwaningrum (KSEI UNIMUS), keenam oleh Saudari Yuwanisa Maulana Primayanti (KSEI FEB UNDIP), ketujuh disampaikan oleh Saudari Melia Rizki Fitriana (KSEI COMES STIE BPD JATENG). Yang terakhir disampaikan oleh Saudari Annisa Indah Febriana (KSEI FE UNNES).

Dari lomba Infografis ini Saudari Yuwanisa Maulina Primayanti (KSEI FEB UNDIP) sebagai juara 1 dengan 82,5 poin, Saudara Falah Hikamudin Arby (KSEI UNISBANK) sebagai juara 2 dengan 79 poin, dan Saudari Wahyu Lia Wulandari (KSEI FE UNNES) dengan 72,25 poin.

Acara berlangsung lancar dan diharapkan dengan acara ini, semua KSEI dapat ikut andil dalam membumikan ekonomi Islam dan dapat terus mendalami serta memanfaatkan pengetahuan-pengetahuan tentang ekonomi Islam. Selain itu, diharapkan dengan acara ini, aktualisasi sumber daya insani dalam pengembangan mutu local wisdom seperti tema yang diusung dalam acara SHEVENT ini dapat terlaksana.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »