Satukan Harmoni untuk Berbagi



Dalam rangka menyambut Harlah forshei ke-12, Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) berinisiatif dalam untuk mengadakan kegiatan penghimpunan zakat fitrah secara online yang bertajuk “Satukan Harmoni untuk Berbagi”. Kegiatan amal tersebut turut menggandeng Lazisnu Semarang untuk membantu pendistribusian dana zakat.

Untuk menyukseskan kegiatan ini, dibentuklah panitia kecil yang bertugas menyusun teknis pelaksanaan penghimpunan dana zakat, penyebaran informasi, sampai pendistribusian dana zakat. Narahubung dan Penanggung Jawab (PJ) juga dibentuk untuk mengingatkan dan memberikan informasi atau arahan kepada para muzakki mengenai pembayaran zakat online. Hasil dari penghimpunan dari zakat fitrah ini diberikan kepada kaum duafa yang terkena dampak covid-19 untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Besaran zakat fitrah yang dibayarkan merupakan hasil kesepakatan antara forshei dengan Lazisnu Semarang, yaitu sebesar Rp. 30.000,00- /orang. Antusiasme yang sangat besar dibuktikan dengan jumlah muzakki yang ikut berpartisipasi dalam pembayaran zakat online ini, yakni sebanyak 65 muzakki yang berasal dari kader forshei, Majelis Pertimbangan forshei, dan Keluarga Alumni forshei.

Pada hari Senin, 18 Mei 2020 pukul 17.00 WIB, dilakukan penyerahan secara simbolik dari Saudara Nur Ma’arif selaku Ketua forshei kepada pihak Lazisnu Semarang yang diwakili oleh Bapak H. Pargono. Dana zakat yang telah terkumpul kemudian diserahkan kepada Lazisnu Semarang untuk dibelanjakan paket sembako. Paket sembako tersebut didistribusikan kepada kurang lebih 25 mustahiq dengan teknis satu mustahiq memperoleh satu paket sembako. Pendistribusian zakat dilakukan di daerah Wonolopo, Kecamatan Mijen dan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Dukungan, arahan, serta masukan-masukan dari berbagai pihak memiliki andil yang cukup besar dalam menyukseskan kegiatan zakat online. Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan tolong menolong antar sesama manusia. Karena berada di tengah pandemi seperti saat ini, uluran tangan dari pihak yang berkecukupan sangat dinantikan bagi mereka yang membutuhkan.

Ferina Hotifa Sari
(Kader forshei 2018)

Posting Komentar

0 Komentar