Forshei Meraih Juara Umum pada Temu Ilmiah Regional Jawa Tengah 2021

 

Semarang, 25/03/2021- Fossei Regional Jawa Tengah menyelenggarakan acara tahunan yaitu Temu Ilmiah Regional (Temilreg) yang dilaksanakan di Polines, Semarang secara online. Acara tersebut berlangsung selama 3 hari yaitu pada 25-27 Maret 2021 yang diikuti oleh 31 ksei se-Jawa Tengah. Temilreg kali ini mengusung tema “Peningkatan Literasi Keuangan Syariah sebagai Upaya Akselerasi Dakwah Ekonomi Islam Indonesia yang Inklusif”.

Hari pertama diisi dengan pembukaan acara dan seminar nasional. Dengan tema yang sama, seminar mengundang Bapak Imam Hidayat Sunarto (RCEO Bank Syariah Indonesia) sebagai pembicara dan Bapak H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP (Gubernur Jawa Tengah) sebagai keynote speech. Seminar dilaksanakan mulai pukul 08.15 hingga 11.00 melalui Zoom Meeting.  Kemudian dilanjutkan dengan ishoma.

Setelah itu, pukul 12.15 peserta kembali memasuki Zoom Meeting untuk pelaksanaan lomba Vidiografis. Sebelum lomba dimulai, dibacakan tata tertib untuk peserta lomba. Lomba Vidiografis diikuti oleh 8 tim yang telah masuk 8 besar. Tiap tim diberikan waktu 10 menit untuk mempresentasikan sebaik mungkin hasil karyanya. Pada sesi tanya jawab diberikan waktu 1 menit untuk menjawab tiap pertanyaan dari dewan juri.  Tim B ksei forshei mendapat nomor urut 6 dan tim A nomor urut 7 untuk maju mempresentasikan vidiografisnya. Acara di hari pertama pun berakhir pada pukul 16.00 dan akan dilanjutkan esok hari.

Kemudian acara dilanjut dengan lomba LKTI  dan lomba Olimpiade Ekonomi Islam yang dimulai pukul 08.45 pada waktu bersamaan. Terdapat 8 tim LKTI yang masuk babak semifinal dan mempresentasikan hasil karyanya melalui Zoom Meeting. Tiap tim diberikan waktu 10 menit untuk presentasi dan 10 menit untuk sesi tanya jawab dengan dewan juri.

Selanjutnya lomba Olimpiade Ekonomi Islam diikuti oleh 45 tim yang dimulai dengan mengerjakan soal pada babak penyisihan melalui google form hingga pukul 11.35 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan ishoma. Selanjutnya yaitu pengumuman 6 tim yang lolos babak penyisihan, 2 tim dari ksei forshei berhasil lolos dari babak penyisihan dan melanjutkan ke babak semifinal. Semua tim berjuang untuk bisa masuk ke babak final karena hanya ada 4 tim yang akan maju ke babak final. 2 tim dari ksei forshei menjadi bagian dari 4 tim yang maju pada babak final yang dilaksanakan pukul 19.15 hingga 20.00. Babak final dilaksanakan dengan mempresentasikan studi kasus.

Acara terakhir yaitu Rapat Pimpinan Regional (Rapimreg) yang dimulai pukul 08.00. Rapimreg dimoderatori oleh Ketua Regional Jawa Tengah, saudara Fauzi Zainul Muttaqin dengan pembicara KA FoSSEI  dan Presidium Nasional FoSSEI. Acara berlangsung dengan lancar yang diikuti oleh para peserta Temilreg Jawa Tengah.

Tibalah saat pengumuman pemenang dari berbagai cabang perlombaan. Pengumuman pemenang lomba Olimpiade Ekonomi Islam, juara pertama diraih oleh ksei forshei, juara kedua oleh ksei fosei Unsoed, dan juara ketiga diraih oleh ksei feb Undip. Pada cabang lomba Vidiografis, ksei forhsei berhasil mendapatkan juara 1 dan juara 2. Sedangkan juara ketiga diperoleh ksei IAIN Salatiga.

Secara keseluruhan, ksei forshei berhasil menyabet 3 juara sekaligus. Sehingga dengan hasil tersebut menjadikan ksei forshei sebagai juara umum Temu Ilmiah Regional Jawa Tengah tahun 2021. 



Alvina Malinda Febrianty Fu'adi

(Kader forshei 2019)

Post a Comment

0 Comments