Keseimbangan IS-LM dan 4 Sehat 5 Sempurna

I.          KESEIMBANGAN IS-LM

Pasar uang merupakan lalu lintas atau peredaran uang. Sedang pasar modal adalah pasar yang mempertemukan orang yang kekurangan dana (emiten) dengan orang yang kelebihan dana ( investor).

A.  Instrumen Pasar Uang:
1.    Surat Berharga Indonesia (SBI)
Diterbitkan oleh BI atas dasar unjuk dengan jumlah yang tertentu dan akan dibayarkan kepada pemegang atau pemilik dana pada tanggal yang telah ditentukan dan disepakati bersama sebelumnya. Jangka waktu atau jatuh tempo instrumen ini adalah jangka pendek 3 bulan maksimal 12 bulan. Sertifikat Bank Indonesia merupakan salah satu mekanisme yang digunakan oleh Bank Indonesia dengan tujuan untuk mengontrol kestabilan nilai rupiah. Pembeli sertifikat Bank Indonesia akan mendapatkan hasil berupa diskonto yang dibayarkan di muka. 

2.    Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)
Surat berharga yang dikeluarkan oleh BI dijual secara diskonto ke bank komersil atau lembaga-lembaga lain dalam jangka pendek.

3.    Call Money
Merupakan suatu sistem dimana terjadi kegiatan pinjam meminjam dana antara satu bank dengan bank lainnya, dan digunakan untuk jangka waktu yang pendek.

4.     Sertifikat Deposito
Merupakan salah satu instrumen keuangan yang diterbitkan oleh atas dasar unjuk dan dinyatakan dalam suatu jumlah, jangka waktu, tingkat bunga tertentu.

5.    Repurchase Agreemant
Merupakan sebuah transaksi jual beli surat-surat berharga yang disertai dengan perjanjian. Perjanjian itu berisi bahwa si penjual akan membeli kembali surat-surat atau sertifikat berharganya yang telah dijual kepada pembeli pada waktu dan harga yang sudah ditentukan dan disepakati bersama terlebih dahulu.

6.    Banker's Acceptence
Merupakan instrumen pasar uang yang khusus digunakan untuk memberikan kredit atau sebuah bantuan kepada importir dan eksportir untuk membantu mereka dalam upaya pembayaran dan pembelian sejumlah barang atau untuk membeli valuta asing.

7.    Treasury Bills
Merupakan instrumen pasar uang yang diterbitkan oleh Bank sentral dengan jangka waktu kurang dari satu tahun atau tepat satu tahun, penerbitan instrumen ini juga atas dasar unjuk bukan perorangan serta dengan nominal tertentu.

8.    Commercial Paper
Merupakan promes yang tidak disertai dengan adanya jaminan yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh dana jangka pendek selanjutnya dijual kepada investor dalam pasar uang.

B.  IS & LM
IS berasal dari investasi (Investment)dan tabungan (Saving). LM berasal dari permintaan akan uang (Liquidity Preference) dan penawaran uang (Money Supply). Sehingga Kurva IS-LM merupakan kurva yang menggambarkan bagaimana interaksi antara pasar barang (IS) dan pasar uang (LM). Kurva IS-LM merepresentasikan model IS-LM yang menunjukkan keseimbangan antara tingkat suku bunga dan  pendapatan nasional (output) dalam jangka pendek (short-run equilibrium).

1.    Kurva IS
Didalam model Keynes sederhana tentang pasar barang dan jasa, keseimbangan pasar akan terjadi apabila dipenuhi dua syarat sebagai berikut:
1)   Penawaran agregat barang-barang dan jasa (Y) = permintaan agregat akan barang-barang dan jasa (AD) atau Y = C + I + G
2)   Tabungan ditambah pajak = investasi ditambah pengeluaran pemerintah atau S + T = I + G
Faktor-faktor yang mempengaruhi IS:
a.    Besarnya angka pengganda multiplayer
b.    Kepercayaan masyarakat terhadap perekonomian
c.    Kepekaan pengeluaran investasi terhadap perubahan dalam tingkat bunga
d.     Kebijakan pemerintah.

2.    Kurva LM
Secara teoritis, keseimbangan pasar uang (LM) kan terjadi apabila permintaan uang sama dengan penawaran uang atau Md = Ms.
 Faktor yang mempengaruhi kurva LM adalah sebagai berikut:
a.    Jumlah uang beredar
b.    Permintaan uang
c.    Elastisitas permintaan uang untuk spekulasi terhadap perubahan tingkat bunga
d.     Elastisitas permintaan uang untuk transaksi terhadap tingkat pendapatan

C.  Keseimbangan Umum Pasar Barang dan Pasar Uang
Keseimbangan umum atau disebut juga keseimbangan simultan antara pasar barang dan pasar uang terjadi pada perpotongan kurva IS dan LM. Dengan kata lain, agar keseimbangan simultan pasar barang dan pasar uang terjadi, maka syaratnya: IS = LM.

II.  4 SEHAT 5 SEMPURNA
4 sehat 5 sempurna merupakan istilah lain untuk mempermudah mengetahui rukun islam, yang terdiri dari Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa dan Haji.
1.    Syahadat
Syahadat diartikan kesaksian, yang dibagi menjadi 2 yaitu: syahadat tauhid dan syahadat rosul. Sholat merupakan kewajiban umat muslim untuk menyembah atau berserah diri kepada Allah,
2.    Sholat
Sholat dibagi menjadi 2 yaitu solat wajib (Fardhu) dan sholat sunnah.
3.    Zakat
Zakat merupakan menyucikan diri. Zakat dibagi menjadi 2 yaitu zakat fitrah yang dilaksanakan saat bulan Ramadan sampai sholat idul fitri dan zakat mall dimana bagi yang memiliki harta melebihi nishob.
4.    Puasa
Puasa merupakan tindakan sukarela dengan berpantangan atau menghindarkan diri dari makan, minum atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkannya mulai fajar sampai magrib dan puasa juga dibagi 2 yaitu puasa wajib dan puasa sunah.
5.    Haji
Haji adalah ziarah islam tahunan ke Mekkah dan Madinah, kota suci umat islam dan kewajiban wajib bagi umat islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup mereka oleh orang Muslim dewasa yang secara fisik dan finansial mampu melakukan perjalanan dan dapat mendukung keluarga mereka selama ketidakhadiran mereka.





Posting Komentar

0 Komentar