Alasan Pentingnya Ikut Organisasi

Mungkin beberapa mahasiswa berpikir bahwa bergabung dengan organisasi hanya akan mengganggu waktu kuliahnya. Nyatanya tidak seperti itu, semua tergantung pada cara kita mengatur waktu dan skala prioritas serta cara memahami pentingnya organisasi. Berorganisasi menjadi kegiatan yang dapat mendatangkan manfaat. Dengan mengikuti organisasi, kita dapat mengekspresikan dan mengembangkan potensi diri yang mungkin masih terpendam. Kita dapat belajar mengenai banyak hal, mulai dari sesuatu yang besar hingga hal-hal kecil yang ternyata juga bermanfaat. Selain manfaat bagi diri sendiri, dengan berorganisasi kita dapat melatih kerja sama dalam tim sehingga saling memberikan manfaat.

Berikut beberapa alasan mengapa mengikuti organisasi menjadi penting:

1. Mengembangkan Potensi Diri

Setiap orang memiliki potensi dalam dirinya yang berbeda-beda. Terkadang beberapa orang bingung dengan potensi diri yang dimiliki dan apa potensi yang perlu dikembangkan. Dengan mengikuti organisasi dan serangkaian kegiatannya akan membantu kita dalam mengenali potensi diri. Potensi ini kadang masih belum tergali, sehingga kita perlu mengikuti berbagai kegiatan untuk dapat mengembangkan diri dan mendapatkan banyak pengalaman. Potensi diri yang kita miliki bukan hanya hard skill tetapi juga soft skill. Memang tidak dapat dipungkiri, di bangku perkuliahan ini tidak hanya hard skill yang diperlukan, soft skill pun dibutuhkan dalam keseharian kita.

2. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Setiap orang adalah pemimpin, baik bagi diri sendiri ataupun bagi orang lain. Jiwa kepemimpinan tentunya berani dalam membuat keputusan yang bijak demi kebaikan bersama yang tidak akan merugikan orang lain. Seorang pemimpin harus berani mengambil risiko atas pilihannya. Melatih jiwa kepemimpinan dapat dimulai dengan ikut bergabung dalam organisasi. Dengan mengikuti organisasi kita berkesempatan menyelenggarakan event bersama anggota lain. Dimana dalam berbagai kegiatan tersebut kita akan berlatih untuk mengambil keputusan yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

3. Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Kemampuan public speaking atau berbicara di depan umum yang baik belum tentu dimiliki oleh tiap orang. Bahkan untuk sebagian orang, berbicara di depan umum menjadi hal yang menakutkan. Padahal kemampuan public speaking ini diperlukan untuk menunjang kesuksesan karir di masa depan. Oleh karena itu, belajar meningkatkan kemampuan public speaking perlu dilakukan salah satunya dengan mengikuti organisasi. Dimulai dengan saling berdiskusi dan berinteraksi antar anggota organisasi, kita akan belajar mengemukakan pendapat di hadapan orang lain. Kemudian ini dapat berkembang jika kita mengikuti kegiatan lomba atau mungkin berinteraksi dengan pihak lain untuk melakukan kerjasama dengan organisasi yang kita ikuti. Sehingga seiring dengan berjalannya waktu, bagi orang-orang yang masih malu untuk berbicara di depan umum ini akan bermanfaat dan membantunya.

4. Memperluas Relasi

IPK yang tinggi tidak menjamin kesuksesan seseorang di masa depan. Di samping IPK yang tinggi, relasi tentu diperlukan di kehidupan sosial dan masa depan. Bertemunya banyak orang dalam organisasi dengan latar belakang yang berbeda dapat menjadikan kita belajar tentang berbagai karakter. Kita dapat membiasakan diri untuk bertemu dan berkomunikasi baik dengan berbagai macam sifat orang. Adanya komunikasi baik yang kita miliki dapat meluaskan relasi yang mungkin akan berperan membantu kita di masa yang akan datang nanti.

Berorganisasi memberikan banyak manfaat baik dalam dunia perkuliahan maupun lingkungan sosial. Bergabung dengan organisasi, mengikuti berbagai kegiatannya menjadikan diri kita lebih baik. Kita dapat menambah wawasan, mengembangkan potensi diri, melatih jiwa kepemimpinan, meningkatkan kemampuan public speaking, memperluas relasi yang kita miliki, dan masih banyak lainnya.

Orang sukses dihasilkan melalui banyak proses yang tidak mudah hingga akhirnya menjadikan berbagai hal terasa lebih mudah.



Sumber Gambar: idntimes.com


Penulis: Alvina Malinda Febrianty Fu'adi






Post a Comment

0 Comments