Taktik Jitu: Meraih Kesuksesan Dari Serangkaian Kebiasaan Kecil Terinspirasi dari Buku Atomic Habits Karya James Clear

 

Dalam menjalani hidup, tentunya kita sering menjumpai adanya hambatan-hambatan untuk meraih kesuksesan. Dan perlu waktu yang panjang serta tidak instan sehingga dari hambatan-hambatan tersebut mengakibatkan kita memilih untuk menjadi malas, melakukan hal-hal kebiasaan yang buruk secara mengulang serta merasa overthinking  soal masa depan. Namun ada satu buku yang populer mengatasi persoalan tersebut yaitu Atomic Habits karya dari James Clear disini berisi adanya serangkaian kebiasaan kecil yang mampu mencapai kesuksesan yang kita inginkan. Disini penulis ingin menyimpulkan ilmu-ilmu apa sih yang kita dapatkan dari buku Atomic Habits ini:

1# Lupakan Sasaran, Fokuslah Pada Sistem

Setiap memiliki sasaran itu wajar. Tetapi yang gak wajar itu hanya sebatas angan-angan namun tidak dilaksanakan, jadi hanya mimpi saja. Di dalam buku Atomic Habits karya James Clear ini menyatakan bahwasannya perbedaan dari sistem dengan sasaran yaitu sasaran bicara tentang hasil yang ingin kita raih, sedangkan sistem adalah proses yang mengantar ke hasil-hasil itu. Misal: bila kamu seorang pelatih, sasaran kamu mungkin memenangkan kejuaraan. Sistem kamu terdiri atas merekrut pemain, mengatur asisten pelatih, dan menyelenggarakan latihan pelatih, begitu juga bila kamu seorang pengusaha, sasaran kamu mungkin membangun perusahaan bernilai sejuta dolar. Sistem kamu adalah bagaimana menguji gagasan-gagasan tentang produk, merekrut karyawan, dan menjalankan iklan pemasaran.

Sekarang, pertanyaan yang menarik: jika kamu mengabaikan sepenuhnya sasaran-sasaran kamu dan berfokus hanya pada sistem, apakah kamu akan masih berhasil? Sebagai contoh, jika kamu seorang pelatih bola basket dan mengabaikan sasaran memenangkan kejuaraan serta berfokus hanya pada yang dikerjakan tim dalam latihan setiap hari, apakah kamu masih mendapatkan hasil?. Menurut James Clear, pasti kamu akan berhasil. Bila kamu menginginkan hasil-hasil yang lebih baik, lupakan sasaran-sasaran kamu. Sebagai ganti, berfokuslah pada sistem kamu.

Apakah sasaran sama sekali tidak berguna?. Tentu saja tidak. Sasaran itu baik untuk menetapkan arah, tapi sistem adalah yang terbaik untuk mendapatkan kemajuan. Sejumlah masalah timbul ketika kamu menghabiskan terlalu banyak waktu memikirkan sasaran dan tidak menyediakan waktu yang cukup untuk merancang sistem.

2# Pengorbanan Dalam Menciptakan Kebiasaan Baik

Membentuk kebiasaan adalah proses ketika suatu perilaku lambat lain menjadi otomatis melalui perulangan. Makin sering kamu mengulang suatu kegiatan, makin banyak struktur otak kamu berubah menjadi efisien dalam kegiatan itu. mengulang kebiasaan mengantar ke perubahan-perubahan fisik yang jelas dalam otak. dalam praktiknya, tidak terlalu penting berapa lama kebiasaan dapat menjadi otomatis. Yang penting kamu melakukan sesuatu yang diperlukan untuk mendapatkan kemajuan. Jadi jika kamu ingin konsisten dalam kebiasaanmu maka harus ada 4 tahap penting yaitu rancangan, hasrat, tindakan, dan hadiah karena dengan adanya hadiah pastinya kebiasaan itu menjadi menyenangkan serta sering dilakukan sebagai bentuk kamu mensyukuri usaha yang kamu lakukan.

3# Berjalanlah Perlahan, tetapi Pantang Mundur

Capek, lelah, malas dan hambatan-hambatan yang lain pasti kita rasakan dalam hidup, namun, kamu janganlah menyerah dan berhenti dalam kebiasaanmu yang baik karena justru semakin lama kamu berusaha secara konsisten pastinya suatu saat akan mendapat ganjarannya. Kesempatan itu tidak mengulang dua kali jadi janganlah kamu menyepelekan sesuatu kesempatan yang ada. Yang nantinya kesempatan itu berubah menjadi kekecewaan yang tidak kamu sukai, maka jangan kamu lakukan hal itu. Tetap berjuang walaupun hanya satu %, tetap bersyukur walaupun tidak sesuai ekspetasi.

 

Referensi : Buku Atomic Habits Karya James Clear

Penulis : Fariz Adhica (Kader 2021)