Diskusi Senin Sore Ala ForSHEI "yuh Lebih Dekat dengan Lembaga ZISWAF"




LEBIH DEKAT DENGAN ZIS (ZAKAT, INFAQ, DAN SODAKOH)

Semarang, Senin (14/9) Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (ForSHEI) seperti biasa mengadakan diskusi rutinan, bertempat di bawah pohon beringin samping audit kampus 3 UIN Walisongo. Diskusi dimulai pukul 16.00 WIB dengan bahasan “Lebih dekat dengan ZIS” (zakat, infaq, dan sodakoh). Sembari menunggu kader-kader ForSHEI datang, Eni Kusumawati dan Labib selaku PJ membuka jalannya diskusi dengan membaca Basmalah bersama-sama.
Apa itu BAZNAS, LAZ, dan UPZ ? Pertanyaan itu yang menjadi awal dari diskusi kami sore itu. Eni salah satu kader ForSHEI mengatakan bahwa BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) adalah organisasi pengelola zakat yang dibentuk oleh pemerintah dan terdiri dari unsur-unsur masyarakat dengan tugas mengumpulkan, mendistribusikan, dan memperdaya-gunakan zakat sesuai dengan syariat Islam. Sedangkan LAZ (Lembaga Amil Zakat) adalah Istitusi pengelola zakat yang sepenuhnya dibentuk atas prakarsa masyarakat yang bergerak dibidang dakwah, pendidikan, sosial, dan kemaslahatan masyarakat. Semestara itu, Arif selaku kader ForSHEI 2013 menambahkan bahwa UPZ atau Unit Pengumpulan Zakat adalah satuan organisasi yang dibentuk oleh BAZNAS untuk membantu pengumpulan zakat dalam lingkup desa/kelurahan.
Lalu bagaimana perbedaan dari lembaga-lembaga tersebut?  “BAZNAS dibentuk oleh pemerintah dan tugasnya adalah mendistribusikan zakat, LAZ dibentuk oleh masyarakat untuk membantu BAZNA. Sedangkan UPZ lebih sempit cakupannya yaitu di desa/kelurahan tugasnya mengumpulkan zakat.” Ujar Sulistiowati. Undang-undang yang mengatur tentang zakat adalah UU No 33 tahun 2011 tentang BAZNAS, UU No 23 tentang pengelolaan zakat. Perdebatan dan saling mengutarakan pendapat menambah semangat kami untuk saling bertukar pikiran dan pengetahuan. Tidak terasa hampir dua jam kader-kader ForSHEI beradu pendapat, pukul 17.30 WIB dengan bacaan Surotul Fatikhah dan pengumuman dari ketua ForSHEI bahwa besok selasa (14/9) akan diadakan saresehan seluruh kader ForSHEI.

Mudrika

Posting Komentar

0 Komentar