Sekolah Pasar Modal Syariah



SEMARANG, FALAH- Kamis, (29/10/2015) Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (ForSHEI) bekerja sama dengan LP2EI UIN Walisongo Semarang  mengadakan seminar Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) yang bertemakan “Mengenal Investasi yang Amanah di Pasar Modal Syariah. Pukul 08.00 WIB para peserta seminar berangsur-angsur melakukan registrasi dan tepat pukul 8.30 WIB acara dibuka oleh Dekan Fakultas Syariah Bp. Arif Junaedi dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Bp. Imam Yahya dengan menabuh jimbe.
Acara yang dihadiri oleh lebih dari 200 peserta ini, menyuguhkan 3 tema pembahasan dan para pemateri yang didatangkan  langsung dari pusat. Salah satunya yaitu  Irwan Abdalloh SE., MM selaku Head Of Islamic Capital Market-IDX pusat yang membahas mengenai investasi pasar modal syariah di Indonesia. Beliau memperkenalkan pasar modal muali dari tahap dasar yaitu mulai dari istilah-istilah pasar modal secara umum sampai kepada instrument-instrumen pasar modal yang berbasis syariah. Di ujung pembicaraannya beliau memberikan quote “berinvestasi di pasar modal syariah itu mudah, murah, dan tidak haram. Jadi apa yang membuat kita menunda-nunda untuk berinvestasi di pasar modal syariah ?”. Kemudian berlanjut kepada pembicara yang ke-2 yaitu Prof. Dr. H. Jaih Mubarok yang menyuguhkan pembahasan mengenai landasan fiqh muamalah pasar modal syariah. pemateri yang merupakan anggota DSN MUI pusat ini menjelaskan tentang hukum-hukum syariah atas transaksi yang ada di pasar modal syariah. “satu hal yang penting dari berinvestasi syariah yaitu paradigma amal merupakan trik dalam berinvestasi di pasar modal syariah. karena dengan amal, sikap ikhlas ada. Sehingga, tidak merugi ketika rugi.” Tutur Jaih Mubarak di penghujung pembicaraan. Pemateri yang ke-tiga yaitu oleh M. Ragil Syah Hatta selaku staf  Phintraco Securities yang menyampaikan tentang Mekanisme Perdagangan Efek Syariah di Pasar Modal Indonesia. beliau lebih menjelaskan tentang praktek jual beli saham, yang di tempat seminar para peserta juga mengikuti langkah-langkah yang ditunjukan oleh M. Ragil Syah Hatta.
Acara yang diadakan atas kerjasama ForSHEI, FoSSEI, dan LP2EI UIN Walisongo Semarang ini berjalan lancar “acaranya sangat mengedukasi, mungkin kedepanya acara ini dapat terselenggara bukan  hanya di kampus UIN saja, namun juga di kampus-kampus lain sehingga edukasi pasar modal lebih mengena” ujar Irwan salah satu pembicara pada seminar kala itu. Selain itu acara ini juga memotivasi para peserta untuk lebih penasaran dan ingin memperdalam menganai pasar modal “saya sangat tertarik dengan pasar modal, melalui acara ini minat saya untuk mengenal lebih dalam pasar modal semakin tinggi, harapanya untuk ada SPMS lanjutan setelan ini” kata Farida salah satu peserta seminar dari Universitas Muhamadiyah Semarang.
Acara berlangsung dengan lancar dan berahir pada pukul 12.30 WIB dengan beberapa peserta membawa pulang doorpize sebesar Rp. 500.000 dari Phintraco Securities untuk 5 peserta yang aktif dalam seminar itu.

 (Millaturrofi'ah)

Posting Komentar

0 Komentar