Trik Super Rahasia Meraih IPK Tinggi

Indeks Prestasi Kumulatif atau biasa disebut IPK menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh mahasiwa. Apalagi bagi kalian yang baru akan menjadi mahasiswa, penting sekali untuk belajar mengambil strategi menjalani perkuliahan. Walaupun esensi dari kuliah adalah mencari ilmu tapi bukan berarti kita mengabaikan nilai IPK. 

1. Tetapkan alasan untuk meluruskan niat.

Penting sekali bagi kalian untuk mencari objek untuk menjaga semangat belajar. Objek yang dimaksud adalah alasan atau latar belakang yang menjadi pegangan. Karena setiap langkah yang ditempuh dalam perjalanannya akan ada fase dimana kalian mulai bosan, putus asa dan hal lain yang akan mengurungkan niat baik. Jadi walaupun tujuannya baik untuk mendapatkan IPK, bukan berarti kalian mengabaikan esensi perkuliahan yaitu mencari ilmu. Jangan menghambat pada IPK dan menghalalkan segala cara untuk meraih IPK tinggi. Maka dari itu catat hal penting yang memotivasi, dan ketika semangat mulai turun cobalah untuk melihat kembali apa alasan kalian mengusahakan ini.

2. Konsisten dalam belajar

Belajarlah menjadi orang yang pandai mengatur waktu. Bukan kalian yang diatur oleh waktu, tapi kalianlah yang seharusnya mengatur waktu. Belajar itu bukan mengenai seberapa banyak buku dan lamanya anda membaca buku, mendengarkan atau latihan soal. Tetapi seberapa konsisten kalian melakukan rutinitas belajar. Akan menjadi percuma jika buku yang dibaca banyak, lama membaca, tapi itu hanya dikerjakan selama satu atau dua hari. karena otak manusia memiliki kapasitas waktu dalam mengingat. Itulah alasannya mengapa kita harus menjaga intensitas kita dalam belajar.

3. Belajar mengarahkan pikiran bukan mengandalkan hafalan.

Kalian harus sadar bahwa mahasiswa beda dengan siswa SMA atau SMP yang hanya menerima materi, menghafalkan lalu menuliskannya kembali. Kalian dituntut untuk berpikir keras memahami dan mengimplementasikannya dalam kehidupan nyata, bukan menyimpannya hanya sebagai teori. Maka dari itu fokuskan pikiran kalian ketika di kelas. Belajarlah menangkap esensi kalimat yang disampaikan dosen. Kaitkan dengan fenomena yang ada dimasyarakat, maka dengan kalian bisa memahami apa ilmu yang disampaikan secara otomatis kalian akan hafal.

4. Mengerjakan tugas

Tugas yang diberikan dosen sangat beragam dan 80% sangat erat kaitannya dengan tulisan. Karena kalian akan dituntut untuk terus menulis, baik melalui makalah, penelitian, jurnal dan lainnya. Selesaikan tugas dengan sebaik mungkin, karena tugas juga memiliki presentase penilaian dalam menentukan IPK. Selain itu, kerjakan tugas sesuai dengan instruksi dosen dan kumpulkan pada waktu yang tepat.

5. Aktif di kelas

Penting perannya kalian aktif di kelas apabila ingin meraih IPK tinggi. Aktif di kelas ini bisa berupa kalian selalu bertanya ketika dosen memberikan kesempatan bertanya. Beranikan diri untuk selalu bertanya, karena dosen pasti menyukai mahasiwa yang kritis. Pertanyaan bisa berkaitan dengan materi yang baru saja disampaikan atau bisa saja bertanya hal lain yang belum disampaikan yang kebetulan kalian sudah membacanya.
Dalam perkuliahan akan kalian temui kegiatan presentasi kelompok atau individu. Biasanya dalam presentasi pasti akan dibuka sesi tanya jawab, maka dari itu baik nya kalian belajar mengenai materi presentasi yang akan disampaikan ketika malam atau hari sebelumnya. Siapkan pertanyaan yang berbobot, bahkan jika perlu siapkan pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat.

6. Usahakan absensi lengkap

Absensi memiliki presentase dalam menentukan IPK. Maka kalian harus mengikuti aturan kampus tentang jumlah minimal kehadiran yang harus dipenuhi dari keseluruhan pertemuan kuliah. Biasanya 75% kehadiran menjadi penentu keluar tidaknya nilai anda pada akhir semester, berarti kalian hanya akan diberi kesempatan tidak hadir sebanyak empat kali. Jika lebih dari itu maka dipastikan nilai anda tidak keluar. Tapi perlu anda ketahui, bahwa hal tersebut bisa dikompromikan dengan dosen. Apabila alasan anda jelas seperti sakit dan ada surat dokter, atau kegiatan penting yang berkaitan dengan kampus maka dosen akan memakluminya dan biasanya akan menganggap kalian hadir. Jadi gunakanlah kesempatan ketidakhadiran dengan sebaik-baiknya untuk kegiatan positif.

7. Membentuk kelompok diskusi

Carilah teman yang nyambung ketika diajak diskusi, entah itu satu atau dua. Tapi akan lebih baik jika anda memiliki banyak teman diskusi. Titik tekannya dari maksud tersebut adalah supaya kalian dapat bertukar pikiran, melatih berpikir kritis dan mendapatkan ilmu baru dari pendapat teman kalian. Karena dengan berdiskusi kalian akan mendapat banyak ilmu lebih ketimbang hanya mengandalkan keterangan dosen. Manfaat lainnya adalah ketika ada penjelasan dosen yang kurang bisa dipahami, maka itu bisa menjadi bahan diskusi kalian, karena terkadang keterangan dosen agak sulit dipahami.

8. Aktif berorganisasi

Disarankan kepada kalian sebagai mahasiswa untuk aktif dalam organisasi. Minimal bergabung dengan organisasi kemahasiswaan yang berhubungan dengan keilmuwan atau keahlian sesuai disiplin ilmu yang kalian tekuni, karena dalam organisasi juga akan mengantarkan anda pada prestasi baik akademik maupun non akademik. Karena biasanya dosen juga memperhatikan mahasiswa siapa saja yang aktif dalam organisasi dan akan lebih baik organisasi tersebut melatih anda berpikir kritis, dan bisa mendorong anda untuk aktif di kelas.

Demikian adalah beberapa trik yang harus kalian coba, apalagi kalian sebagai mahasiswa baru yang belum paham permainan dalam dunia perkuliahan. Pada intinya adalah kalian harus bisa mengambil kesempatan belajar sekecil apapun, baik di kelas, di rumah, organisasi, bahkan dengan teman dekat kalian sekalipun. Karena ilmu ada dimanapun ketika kalian berniat mencarinya. Tidak harus dengan duduk di kelas memegang pulpen dan buku, karena apapun yang ada disekitar kita adalah hasil dari keindahan ilmu.

Sumber gambar : maranoaplusmore.com.au

Penulis
Devi Nur Havifah
(Kader forshei 2017)

Posting Komentar

0 Komentar