Diajang Temu Ilmiah Regional 2019, Forshei meraih gelar Juara Umum



Salatiga, 22-24 Maret 2019 digelar temu ilmiah regional jawa tengah yang diselenggarakan oleh FoSSEI Regional Jawa Tengah di IAIN Salatiga dengan tema " Optimalisasi Wakaf dan Socialpreneur untuk Mengembangkan Industri Halal di Jawa Tengah". Acara ini diikuti oleh 30 ksei se-jawa Tengah. Tujuan acara ini selain sebagai ajang perlombaan namun yang lebih penting adalah sebagai ajang silaturahmi dengan ksei se jawa tengah.

Acara ini berlangsung selama 3 hari. Hari pertama diisi dengan seminar nasional sekaligus pembukaan acara secara resmi oleh rektor iain salatiga. Dilanjutkan dengan seminar nasional dengan tema yang sama dan mengundang 3 pembicara yaitu bapak Sinoeng H. Rachmadi Dari dinas pemuda dn olahraga pariwisata daerah jawa tengah, bapak Zainal Abidin Sidiq Selaku direktur socialpreneur dompet duafa pusat, dan bapak M. Fuad Nasar.

Seminar berjalan dengan lancar dan menggembirakan karena pembicara yanng sangat interaktif dengan peserta seminar.
Seusai seminar dilanjutkan dengan babak penyisihan lomba olimpiade ekonomi islam selama 90 menit. Setelah itu dilangsungkan pengumuman tim yang lolos ke babak semifinal. Terdapat 6 tim yang lolos ke babak semifinal yaitu 1 ksei feb unnes, 3 tim dari ksei forshei dan 2 tim dari ksei unsoed. Selama babak semifinal para tim berjuang untuk mendapatkan tiket ke babak final karna hanya 4 tim yang bisa masuk ke babak final. Akhirnya didapatlah 4 tim yang masuk ke babak semifinal yaitu 2 tim dari ksei forshei dan 2 tim dari ksei unsoed. Lomba olimpiade selesai untuk hari ini dan akan dilanjutkan esok hari.

Keesokan harinya, pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB diselenggarakan lomba yang lain seperti lkti, infografis dan videografis pada waktu yang sama. Terdapat 8 peserta disetiap perlombaan yang akan mempresentasikan hasil karyanya. Selanjutnya diadakan babak final untuk cabang lomba olimpiade ekonomi islam.

Pada Babak final menggunakan sistem debat. Debat berlangsung dengan 2 putaran. Setiap kali putaran akan diberi misi yang berbeda. Debat berjalan dengan sangat kompetitif. Masing-masing tim berjuang untuk mendaapatkan juara. Debat berakhir pada pukul 17.00 WIB
Acara dilanjutkan dengan acara puncak yaitu gala dinner sekaligus pengumuman pemenang yang bertempat di aula kampus 1 iain salatiga. Pada sesi kali ini diisi oleh hiburan-hiburan yang menarik seperti live music dan stand up comedy dari peserta. Acara berlangsung meriah dan menggembirakan. Peserta juga disajikan berbagai makanan seperti bakso, soto dan sate. Tibalah saatnya pengumuman pemenang lomba. Pengumuman pertama adalah pada cabang lomba videografis.

Juara pertama menangkan oleh ksei forshei, juara kedua diraih ksei fosei unsoed dan juara ketiga oleh ksei umm. Dilanjutkan dengan pengumuman lomba infografis juara pertama diraih oleh ksei forshei, juara kedua ksei feb undip dan juara ketig diraih oleh ksei forshei.

Pengumuman untuk cabang lomba LKTI, juara pertama diraih oleh ksei feb unnes, juara kedua oleh ksei forshei dan juara ketiga oleh ksei fresh iain surakarta. Pemenang lomba untuk cabang olimpiade ekonomi islam, juara pertama diraih oleh ksei forshei, juara kedua oleh ksei fosei unseod dan juara ketiga diraih oleh ksei forshei.

Secara keseluruhan ksei forshei meraih juara disetiap cabang perlombaan dengan total piala yang diraih sebanyak 6 piala dari 12 piala yang direbutkan. Sehingga dengan perolehan tersebut ksei forshei meraih gelar juara umum diajang temu ilmiah regional jawa tengah.


Uyyun Sundari kader 2016

Posting Komentar

0 Komentar