Young Shariah Economic Leader Youth Camp 1 2019


Semarang (21/06/2019)- Dalam rangka memperingati Harlah Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang yang ke-11, forshei bekerjasama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia mengadakan acara Young Shariah Economic Leader Youth Camp 1 2019 dengan tema “Revitalisasi Peran Pemuda dalam Mengembangkan Ekonomi Syariah di Era 4.0”. Acara tersebut diadakan di Miniatur Taman Surga, Kali Kembar, Pakopen, Bandungan, Semarang dan diketuai oleh saudara Muhamad Lizamudin.  Acara Young Shariah Economic Leader Youth Camp 1 2019 diikuti oleh 38 peserta yang terdiri dari berbagai organisasi dan organisasi sosial seperti karangtaruna.

Acara dibuka pada jam 13.00 WIB dan dihadiri oleh Bapak Moh. Arifin, S.Ag. M.Hum (Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang), Bapak Dr. H. Akhmad Arif Junaidi, M.Ag (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang), dan Bapak H. Jaya Sutrisno, M.SI (Kepala Bidang Organisasi Kepelajaran Asdep. OKPK Deputi 2). Sambutan yang pertama yaitu dari Ketua Umum forshei periode 2019 saudara Moh. Ikhsanudin, dalam sambutanya ia mengatakan tujuan dari diadakanya acara ini adalah supaya pemuda-pemudi yang ikut dalam acara Young Shariah Economic Leader Youth Camp 1 2019 belajar bersama mengenai bagaimana cara mengembangkan ekonomi syariah yang nantinya dapat mengimplementasikannya dalam lingkup kampus maupun di lingkup masyarakat pada umumnya, karena salah satu pengaplikasian mahasiswa adalah pengabdian. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak Dr. H. Akhmad Arif Junaidi, M.Ag dan Bapak Dr. H. Akhmad Arif Junaidi, M.Ag. setelahnya acara dibuka secara simbolis menggunakan angklung yang dipimpin oleh Bapak Dr. H. Akhmad Arif Junaidi, M.Ag dan Bapak Dr. H. Akhmad Arif Junaidi, M.Ag.

Acara selanjutnya yaitu Materi pertama mengenai “Meningkatkan Sumber Daya Manusia untuk Ekonomi Bangsa” yang dibawakan oleh Bapak Dr. H. Akhmad Arif Junaidi, M.Ag. Dalam penjelasanya ia mengatakan bahwa sudah menjadi kewajiban bagi generasi 4.0 untuk meningkatkan ekonomi. Pada malam harinya adalah acara sarasehan dengan alumni dan senior dari forshei. Selain mendapatkan ilmu dari pengalaman para senior dan juga alumni, mereka juga diperkenalkan secara sekilas tentang INDIFES (Institit  Defelopment Financial Syariah).

Pada pagi harinya yaitu Materi yang Ke-2 tentang “Pengembangan Ekonomi Syariah di Era 4.0” oleh Bapak Bamabang Purwogandi, S.E, MM, MH. (Pengawas Bank Umum dan Syariah) dari OJK. Dalam penyampaian materinya ia menyampaikan bahwa posisi Indonesia pada keuangan syariah global pada tahun 2018 menempati posisi ke 6.

Selanjunya adalah materi yang terakhir mengenai “Bisnis Syariah” yang di sampaikan saudara Sofa Hasan, S.H.I  perwakilan dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).  Beliau mengatakan yang perlu disiapkan sebelum berbisnis diantaranya modal, keahlian, dan relasi. Selain itu ia juga menyampaikan bahwa dalam berwirausaha janganlah takut akan sebuah masalah karena pada dasarnya disetiap masalah ada solusinya.

Acara Young Shariah Economic Leader Youth Camp 1 2019 berakhir pada jam 14.00 WIB. dilanjutkan penutupan YSEL Youth Camp 1 2019 oleh ketua umum forshei yaitu saudara Moh. Ikhsanudin, dan pembacaan do’a oleh saudara Syaiful Anwar.

Mufrodah
(kader 2017)

Posting Komentar

0 Komentar