Harlah ke-13, Forshei Selenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

 

Semarang, 14/06/2021 – Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei)
UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional dalam rangka menyemarakkan harlah forshei ke-13.
Lomba KTI kali ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dengan mengusung tema “Percepatan Digitalisasi UMKM Halal sebagai Ikhtiar Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi.

Acara pembukaan lomba dimulai pada pukul 08.45 WIB dengan bacaan basmalah bersama yang dipandu oleh Saudari Nanda Kharisma Widya selaku MC. Kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Saudara Alif Hayes Ramadhan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. Sambutan disampaikan oleh Saudara Sulton Ulumuddin selaku ketua umum forshei, Saudara berharap acara lomba ini dapat menjadi kesempatan bagi seluruh peserta untuk bisa bersilaturrahim dan menjalin ukhuwah meskipun secara virtual.

Lomba KTI diikuti oleh 8 tim yang telah masuk 8 besar. Masing-masing tim yang beranggotakan 3 orang ini mengikuti serangkaian tahap perlombaan yaitu babak penyisihan dan babak final. Juri dari final lomba KTI harlah forshei ke-13 adalah Bapak Bagas dan Ibu Anis Fitria. Sebelum memulai sesi presentasi dan tanya jawab oleh masing-masing tim, Saudari Anggun Puspitasari selaku moderator terlebih dahulu menyampaikan mekanisme perlombaan diantaranya setiap tim wajib membuat dan mengirimkan materi presentasi sesuai dengan isi karya tulis yang telah dibuat dalam bentuk power point. Setiap tim mempresentasikan power point yang telah dibuat sebelumnya di hadapan dewan juri sesuai dengan nomer urut undian.

Masing-masing tim akan diberi waktu 25 menit. Pemaparan materi maksimal 10 menit, dan tanya jawab maksimal 15 menit. Saat presentasi, setiap tim diperbolehkan menggunakan alat bantu sesuai dengan kepentingan (jika ada). Kendala sinyal menjadi tanggung jawab dari masing-masing peserta. Jika peserta terkendala sinyal sebelum presentasi berlangsung, peserta dapat menghubungi panitia untuk diberikan dispensasi waktu maksimal 10 menit. Jika ada peserta yang terkendala sinyal saat presentasi berlangsung, panitia akan memberikan dispensasi waktu maksimal 3 menit untuk peserta kembali memasuki ruang Zoom Meeting atau peserta lain dalam satu tim dapat mengambil alih presentasi. Penilaian hanya dilakukan oleh dewan juri sesuai kriteria yang telah ditentukan.

Kemudian acara dilanjut dengan sesi presentasi dimulai dari nomor urutan pertama dari tim Rahmat Muzandi (Universitas Trunojoyo Madura). Urutan kedua dari tim Aufan Ghifari (Universitas Brawijaya). Urutan ketiga dari tim Siska Amaliyah (Universitas Trunojoyo Madura). Urutan keempat dari tim M. Ainurroziqin (Universitas Brawijaya). Urutan kelima dari tim Irfan Achmadi (Universitas Negeri Jember). Urutan keenam dari tim Safira Nurdiana (UIN Walisongo Semarang). Urutan ketujuh dari tim Wirdatus Rizki Amalia (Universitas Airlangga). Urutan kedelapan dari tim Naila Aulia (Universitas Diponegoro).

Acara berlangsung lancar dan diharapkan acara ini dapat membangkitkan semangat mahasiswa untuk berpikir kritis dan kreatif mengenai ekonomi Islam, terkhusus digitalisasi UMKM halal sesuai tema yang diusung. Adapun pengumuman pemenang akan disampaikan dalam acara seminar nasional yang diselenggarakan pada tanggal 16 Juni 2021.


Nela Aini Najah

(Kader forshei 2019)


Post a Comment

0 Comments