Rapat Kerja forshei Periode 2018/2019


Semarang, (8-9, 07-2018) Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang telah melaksanakan agenda tahunan yaitu RAKER (Rapat Kerja) kepengurusan periode 2018/2019. Rapat Kerja merupakan rapat yang dilakukan setahun sekali yang bertujuan untuk menyampaikan rencana kerja serta pelantikan kepengurusan baru periode 2018/2019. Rapat kerja dihadiri oleh KA forshei, MPF (Majelis Pertimbangan forshei) dan seluruh kader forshei.
Pembukaan acara ini dimulai pada pukul 10.00 WIB di Masjid Kapal Semarang, dipimpin oleh saudari Devi sebagai pembawa acara. Dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Ulfi Zulfikar dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars forshei yang dipandu oleh saudari Ulya Salsabila. Dilanjutkan sambutan-sambutan, sambutan pertama disampaikan oleh ketua panitia saudara Lizamudin. Sambutan kedua oleh ketua umum forshei 2018/2019 yaitu saudara M. Ikhsanudin. Sambutan ketiga disampaikan oleh demisioner ketua umum Periode 2017/2018 saudara M. Firdaus. Sambutan terakhir oleh perwakilan MPF Saudara Syukron Makmun.
Acara dilanjutkan dengan pelantikan pengurus forshei periode 2018/2019 dengan pembacaan sumpah jabatan yang dipimpin oleh saudara Ahmad Fauzi serta penandatanganan surat pernyataan kesediaan menjadi pengurus forshei. Dilanjutkan doa bersama dipimpin oleh saudara Masrofi, sekaligus berjabat tangan mengucapkan selamat kepada pengurus baru forshei.
Acara selanjutnya adalah tasyakuran, doa di pimpin oleh saudara Ali Badawi dan dilanjutkan upgrading oleh saudara Ahmad Fauzi dengan tema “Tata Kelola Pengambilan Keputusan dan Kebijakan dalam forshei”. Setelah itu para pengurus berkumpul dan berdiskusi mengenai program kerja unit masing-masing dengan adanya bimbingan MPF.
Terkait struktur kepengurusan forshei, pada periode ini diadakan perombakan struktural dimana hanya terdapat empat bagian inti dari sktuktural kepengurusan yaitu, yang pertama Badan Pengurus Harian (BPH), kedua Pengembangan Sumber Daya Kader (PSDK), ketiga Unit Kajian dan yang terakhir Unit Pelatihan. Selanjutnya terdapat tiga divisi dimasing-masing unit yang dipimpin oleh seorang kadiv (Kepala Divisi). Untuk unit kajian terdapat divisi Qulbuturos, divisi Ekonomi dan Akuntansi, dan divisi Research dan Jurnalistik. Kemudian dari unit pelatihan terdapat divisi Media dan Penerbitan, divisi Multimedia dan divisi Usaha dan Kreatifitas.
Puncak acara RAKER berlangsung pukul 19.45 WIB yaitu menyampaikan program kerja untuk setiap unit di forshei, dengan memaparkan rencana yang akan dilaksanakan untuk satu periode kedepan. Diawali dengan penyampaian program kerja oleh Pengembangan Sumber Daya Kader (PSDK), kemudian dilanjutkan oleh unit pelatihan, unit kajian dan yang terakhir oleh  Badan Pengurus Harian (BPH).  
Selama penyampaian progam kerja dari keempat bagian tersebut banyak motivasi, saran dan kritik yang diberikan oleh para senior yang dapat menjadi sebuah pencerahan serta dorongan kepada para pengurus baru periode 2018/2019 untuk semangat menjalankan amanah yang telah diserahkan kepada pengurus baru. Salah satunya yaitu disampaikan oleh KA foershei saudara Nafis Ghifari bahwasannya dalam menjalankan amanah sebagai pengurus haruslah mengedepankan kepentingan umum dalam hal ini adalah kebaikan bersama untuk forshei yang lebih baik. Kerja sama tim diperbaiki dalam artian jika sebuah tim dapat bersinergi satu sama lain maka dalam menjalankan sebuah pekerjaan akan semakin ringan. Tak hanya itu dengan struktur kepengurusan yang baru ini diharapkan para kader forshei dapat menemukan skill baru dalam bidang apapun. Tak hanya dalam ilmu pengetahuan tentang ekonomi ilslam namun lebih dari itu para kader forshei dapat menemukan serta mengembangkan ilmu-ilmu baru diluar konteks keilmuan. Output yang baik adalah target dari kepengurusan ini. Rapat Kerja di akhiri dengan foto bersama seluruh pengurus forshei.