SET 1 (Sharia Economist Training 1) 2019


Ungaran, 30/11-1/12 - Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang mengadakan Sharia Economist Training 1. Setiap kader forshei diwajibkan mengikuti kegiatan Sharia Economist Traning 1 (SET 1) 2019 dengan tema “Tingkatkan Solidaritas, Tumbuhkan Kreativitas. SET 1 diikuti oleh 38 peserta. Tujuan diadakannya SET 1 yaitu untuk meningkatkan solidaritas antar kader dan menumbuhkan kreativitas. Untuk mengikuti SET 1 ini para anggota 2019 diwajibkan mendapatkan poin dari buku saku sebesar 85 poin yang diujikan dari mentor masing-masing.

Sebelum pemberangkatan telah diadakan TM (Technical Meeting) pada hari Jumat, 29 November 2019. TM ini memberikan pengarahan terhadap para anggota 2019 dalam melaksanakan kegiatan SET 1. Seperti keperluan yang dibawa dan pembagian kelompok.

Pada hari pemberangkatan para anggota 2019 dan kader forshei yang lain berkumpul di sebelah audit 2 kampus 3 UIN Walisongo Semarang pukul 09.00 WIB, kemudian dilanjut perjalanan dan sampai pukul 12.30 WIB di lokasi Candi Gedong Songo Semarang. Pembukaan SET 1 dimulai dengan Basmallah dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Fossei.

Dilanjutkan dengan sambutan - sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua panitia Saudara Chirun Niam (kader 2018), sambutan yang kedua disampaikan oleh ketua umum forshei Saudara Nur Maarif (kader 2017) dan sambutan yang terakhir disampaikan oleh MPF (Majelis Pertimbangan Forshei) oleh Saudari Eva Nur. Dilanjutkan dengan do'a bersama yang dipimpin oleh Saudara Nur Abidin (kader 2018).

Pada SET 1 kali ini materi pertama yaitu "Small Group Discussion" oleh dua pemateri yaitu Saudari Nandia dan Saudari Uyun Sundari selaku Majelis Pertimbangan Forshei. SGD kali ini, membahas tentang staff khusus presiden. Tujuan staff khusus dari kaum milenial ini oleh pemerintah adalah untuk merealisasikan perencanaan presiden Joko Widodo. Dan ketujuh staff khusus tersebut adalah orang-orang yang terpilih dan tentunya sangat dipercaya dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.
Kegiatan berikutnya adalah sarasehan dan pentas seni yang diikuti oleh Majelis Pertimbangan Forshei, kader-kader forshei dan dihadiri oleh Keluarga Alumni (KA) forshei. Pentas seni yang ditampilkan oleh kader forshei 2019 meliputi menyanyi, puisi berantai, dan lain sebagainya.

Pada keesokan harinya, kegiatan dibuka dengan senam bersama, hiking dan outbond. Kegiatan ini bertujuan agar para kader dapat menjaga kekompakan dalam berkompetisi dan dapat melatih manajemen sebuah tim. Pada pukul 11.00 WIB dilanjutkan materi terakhir yaitu oleh Saudara Fatchurrohman selaku Keluarga Alumni forshei dengan tema "Leadership". Leadership adalah proses mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimoin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Dalam SET 1 diadakan sosialisasi kaos forshei yang di dampingi oleh Saudari Jannah (kader 2018) menyampaikan tentang kaos forshei yang akan dibuat.

Acara SET 1 berakhir pada pukul 14.00 WIB. dilanjutkan penutupan SET 1 dan diakhiri foto bersama semua kader forshei dan MPF. Setelah itu perjalanan menuju kampus tercinta UIN Walisongo Semarang. Semoga dengan diadakannya SET 1 ini kader-kader forshei bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang baru dan dapat mengimplementasikan serta mengamalkannya.

Fidya Khoirunnisa (kader 2018)