Forshei Adakan SET 2 (Sharia Economist Training) 2020 Secara Virtual

Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan Sharia Economist Training 2 (SET 2) secara virtual melalui aplikasi zoom. Acara ini berlangsung selama dua hari pada Sabtu dan Minggu tanggal 19 sampai 20 Desember 2020 yang bertemakan “Merangkai Gagasan Membangun Peran”. SET 2 merupakan agenda lanjutan dari SET 1 yang diikuti oleh kader forshei 2019 dengan berjumlah 30 peserta.

Pembukaan acara SET 1 dimulai pukul 08.30 WIB yang dipandu oleh Saudari Maulida Zakiyyatul Ulya selaku MC. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat Al-Qur’an oleh Saudari Sindi Maulita, kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FoSSEI serta launching Majalah Falah Edisi ke-12. Setelah itu, acara disambung dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama, disampaikan oleh Saudari Tutut Ida Purwatiningsih selaku ketua panitia. Sambutan yang kedua disampaikan oleh Saudara Sulton Ulumuddin selaku ketua umum forshei. Sambutan yang terakhir disampaikan oleh Majelis Pertimbangan Forshei yang diwakili oleh Saudara Nur Ma’arif. Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Suadara Muhammad Hilman dan ditutup oleh Saudari Maulida Zakiyyatul Ulya selaku MC.

Setelah acara SET 1 dibuka, kader forshei 2019 mengikuti tiga sesi penyampaian materi, yaitu materi tentang manajemen tim, networking, dan manajemen konflik. Materi pertama yakni manajemen tim yang disampaikan oleh Saudara Iqbal Haqiqi Maramis, S.E. yang menerangkan tentang bagaimana membangun kerja tim yang baik dalam organisasi dan saling membantu satu sama lain mengingat manusia adalah makhluk sosial. Materi kedua yakni Networking yang disampaikan oleh Suadara Asep Saefurrohman, S.E. yang menerangkan bahwa dalam islam networking sama dengan silaturrahmi yang bertujuan untuk membangun hubungan baik dengan orang lain atau organisasi. Dilanjutkan dengan Materi terakhir yakni manajemen konflik yang disampaikan oleh Saudara Ahmad Ulin Nuha, S.E. yang menerangkan tentang bagaimana menghadapi konflik dalam organisasi melalui pengalaman beliau dulu saat menjabat sebagai pengurus forshei.

Pukul 19:45 WIB acara dilanjutkan dengan sarasehan yang dihadiri oleh Keluarga Alumni Forshei, Majelis Pertimbangan Forshei, serta kader forshei angkatan 2019 dan 2018. Acara sarasehan  diisi dengan Sharing Session antara kader forshei dengan para senior yang bertujuan mempererat tali silaturrahmi dan ukhuwah islamiyah.

Kemudian  hari kedua acara dilanjutkan pada pukul 09.00 WIB sesi penyampaian materi keempat yaitu tentang Menghadapi Dunia Baru: Peluang dan Tantangan yang disampaikan oleh Bapak Joko Winarno, S.Pt. selaku Direktur BumDes Tirta Mandiri Ponggok Klaten yang dipandu oleh Saudari Devi Nur Havifah sebagai moderator. Dalam penyampaian materi tersebut, dijelaskan mengenai pentingnya peran pemuda untuk ikut aktif melakukan perubahan terhadap kemajuan desa. Penyampaian materi diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator.

Acara dilanjutkan dengan Breakdown Majalah Falah Edisi 12 yang dipandu oleh Saudari Devi Nur Havifah dengan mengajak para kader khususnya yang terlibat sebagai redaktur untuk mengulas kembali isi dari Majalah Falah Edisi 12 yang secara garis besar membahas tentang pasar modal ditengah pandemi Covid-19. Setelah itu, disambung dengan Sharing Unit Session yang dipandu oleh masing-masing koordinator unit. Dalam sesi tersebut para kader 2019 diajak untuk membahas terkait jobdesk masing-masing dan evaluasi serta kendala selama menjalankan tugas dalam kepengurusan. Selanjutnya pengumuman 2 pemenang mini riset terbaik yang dimenangkan oleh Saudari Fatma Nurrohmah dan Saudara M. Maulana Ajalun Nathiq.

Acara penutupan dimulai pukul 13:00 WIB dengan dipandu oleh Saudari Rona Raikhona selaku MC. Di dalamnya terdapat sambutan oleh Saudari Tutut Ida Purwatiningsih selaku ketua panitia, Saudara Sulton Ulumuddin selaku ketua umum dan Saudara Muhammad Lizamudin selaku perwakilan Majelis Pertimbangan Forshei. Acara dilanjutkan doa oleh Saudara M. Syaiful Anwar dan ditutup oleh MC.

Semoga dengan diadakannya SET 2 ini para kader forshei 2019 dapat memperoleh pengalaman dan wawasan baru yang bermanfaat dan dapat dimplementasikan dalam menjalankan kepengurusan nantinya.


Maulida Zakiyyatul Ulya (Kader 2018)

Post a Comment

0 Comments