Berbagi Pengalaman Dapatkan Beasiswa, Forshei Adakan Inspirative Talk Secara Virtual

Semarang, 16 Agustus 2021- Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan Inspirative Talk dengan tema “Menyelaraskan Kuliah, Organisasi, dan Berprestasi”. Inspirative Talk merupakan sebuah acara yang diselenggarakan forshei untuk berbagi pengalaman mendapatkan beasiswa. Acara kali ini  dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting dan Live melalui Youtube KSEI forshei yang dihadiri oleh 100 peserta. Acara Inspirative Talk turut mengundang dua senior forshei sebagai lulusan terbaik jurusan Ekonomi Islam UIN Walisongo Semarang 2020 Saudari Milhatun Nisa, S.E. dan penerima Beasiswa BI Saudari Salsabila Fira Nurmadina.

Acara dibuka oleh Saudari Nurul Fajriatussaadah selaku MC pada pukul 19.30 WIB. Selanjutnya yaitu sambutan dari Saudara Baghas Siwi Wicaksono selaku ketua umum forshei. Kemudian dialihkan ke moderator yang akan memandu jalannya acara. Sebelumnya, dibacakan terlebih dahulu CV dari Saudari Widya Aprilianingrum selaku moderator pada acara malam hari ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para pembicara. Penyampaian materi pertama dengan judul “ Get to Know Deeply” oleh Saudari Milhatun Nisa, S.E. Beliau menceritakan berbagai pengalamannya mulai dari berorganisasi hingga lomba-lomba yang pernah diikutinya. Tuturnya, jangan takut mencoba dan jangan takut mengambil risiko. Dengan mengikuti organisasi seperti forshei, kita bisa memperluas wawasan. Sehingga ketika jam perkuliahan dapat aktif menambah dan menyanggah pernyataan dari teman atau dosen.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab tentang bagaimana jika kita ikut organisasi tetapi malah kuliah menjadi keteteran. Pemateri menjawab, kita seharusnya bisa mengatur waktu perkuliahan dan organisasi dengan baik sehingga keduanya dapat memberikan feedback. Sarana dan prasananya pun dimanfaatkan sebaik mungkin supaya dapat mengembangkan diri dengan maksimal.

Dilanjutkan pemaparan materi yang kedua oleh Saudari Salsabila Fira Nurmadina yang membagikan pengalamannya menjadi penerima beasiswa serta tips lolos beasiswa. Beliau merupakan salah satu penerima Beasiswa Bank Indonesia tahun 2020 dan 2021. Pada kesempatan ini beliau menceritakan keseruannya selama masa kuliah dan berorganisasi serta mendapatkan beasiswa impiannya. Banyak persiapan yang dilakukan untuk lolos menjadi penerima beasiswa, mulai dari mencari informasi pendaftaran beasiswa dan melakukan riset hingga mempersiapkan diri untuk proses wawancara. Di UIN Walisongo terdapat banyak beasiswa seperti Beasiswa BI dan Djarum dan masih banyak lainnya.

Kemudian sesi tanya jawab dengan peserta yang membahas waktu pembukaan beasiswa. Waktu pembukaan beasiswa sendiri berbeda-beda, untuk informasi dari pendaftarannya dapat dicari di media sosial dari beasiswa tersebut atau info pihak kampus yang dishare melalui Whatsapp. Kemudian ada yang bertanya tentang apa yang harus dipersiapkan untuk mengikuti beasiswa. Dalam proses mendapatkan beasiswa, kita harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin dan saat diminta menceritakan pengalaman berkesan kita dapat menceritakannya secara terstruktur tidak hanya tentang hal yang kita ikuti dan kita suka. Setelah sesi tanya jawab berakhir, Saudari Nurul Fajriatussaadah selaku MC menutup acara.

Adanya Inspirative Talk ini diharapkan dapat membantu terutama bagi mahasiswa baru dalam perkuliahan dan mendapatkan beasiswa yang diimpikan. Selain itu, acara ini diadakan agar mahasiswa lebih bersemangat dan dapat menyelarasakan kuliah, organisasi, dan dapat meraih prestasinya, sesuai dengan tema talkshow kali ini. 


Alvina Malinda Febrianty Fu'adi

(Kader forshei 2019)


Post a Comment

0 Comments