Forshei Adakan Pra Sharia Economist Training (Pra SET) 2021

 

Semarang, 25-26/09/2021- Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan Pra Sharia Economist Training (Pra SET) secara offline yang bertempat di Bokong Semar, Gunung Pati, Semarang. Acara ini berlangsung selama dua hari pada Sabtu dan Minggu tanggal 25 sampai 26 September 2021. Acara yang bertemakan “Menumbuhkan Rasa Kebersamaan Demi Terbentuknya Loyalitas dan Solidaritas”  dihadiri oleh kader forshei 2021, 2020, 2019, Majelis Pertimbangan Forshei, serta Keluarga Alumni Forshei. Acara ini merupakan agenda lanjutan dari kegiatan ORAIN (Open Recruitment and Training) yang telah dilaksanakan sebelumnya dan berhasil meloloskan 61 kader forshei 2021.

Pembukaan acara Pra SET dimulai pukul 12.30 WIB dengan dipandu oleh Saudari Nurul Fajriatussaadah selaku MC. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh saudara Aditya Aji Misbahudin, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FoSSEI yang dipandu saudari Muslimah Ati’ah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan yang pertama, disampaikan oleh Saudara M. Sholihul Huda selaku ketua panitia. Dalam sambutannya Ia berharap para kader forshei 2021 dapat saling mengenal satu sama lain melalui acara Pra SET. Sambutan kedua disampaikan oleh Saudara Baghas Siwi Wicaksono selaku Ketua Umum forshei. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa Pra SET merupakan gerbang awal bagi kader forshei 2021 untuk berproses. Selain itu, Ia berharap para kader forshei 2021 dapat mengenal satu sama lain dan mengetahui lebih dalam mengenai forshei dan FoSSEI melalui penyampaian materi pada agenda Pra SET 2021. Sambutan terakhir disampaikan oleh Majelis Pertimbangan Forshei yakni Sulthon Ulumuddin. Ia berharap para kader  forshei 2021 dapat mengikuti agenda Pra SET dengan maksimal. Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Saudara Imron Chumaedi dan ditutup oleh Saudari Nurul Fajriatussaadah selaku MC.

Setelah acara Pra SET dibuka, para kader forshei 2021 mengikuti tiga sesi penyampaian materi yaitu materi ke-FoSSEI-an, materi antropologi kampus dan , materi ke-forshei-an. Materi pertama mengenai Ke-FoSSEI-an disampaikan oleh Saudara Lizam selaku Keluarga Alumni forshei dengan dimoderatori oleh Saudara Nur Fais M. H. Dengan penyampaian materi pertama tersebut, diharapkan para kader forshei 2021 dapat mengetahui lebih jauh mengenai FoSSEI (Forum Silahturrahim Studi Ekonomi Islam) meliputi visi, misi, fungsi, serta tujuannya yakni membumikan nilai-nilai ajaran islam khususnya dalam bidang ekonomi, juga kegiatan-kegiatan FoSSEI di dalamnya yang meliputi ukhuwah, dakwah, dan ilmiah. Penyampaian materi kedua mengenai antropologi oleh Saudara Nur Maarif, S.H. yang dimoderatori oleh Saudari Fitra Istianah Turahman. Dengan penyampaian materi antropologi kampus. diharapkan para kader baru forshei 2021dapat mengenal lebih jauh mengenai forshei meliputi sejarah pendiriannya, visi-misi serta tujuannya, sistem kaderisasi internal, serta kegiatan-kegiatan di dalamnya. Dalam tiap sesi penyampaian materi diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan dipandu oleh moderator. Sesi Penyampaian materi 1 dan 2 berakhir pukul 16.00 WIB.

Selanjutnya, para kader forshei 2021 mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dipandu oleh Saudari Devi Nur Havifah sebagai pemateri dan Saudari Tria Pibriani sebagai moderator yang memantik jalannya diskusi. Dalam FGD, para kader forshei 2021 yang telah dibagi menjadi 4 kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan saling berdiskusi dengan kelompok lain sesuai dengan tema yang diangkat yaitu mengenai Pinjaman Online. Diharapkan dengan adanya FGD dapat melatih para kader forshei 2021 untuk berani menyuarakan pendapatnya. Kegiatan FGD berakhir pukul 17.30 WIB dan dilanjutkan dengan sholat maghrib dan tahlil bersama.

Pukul 20.00 WIB acara sarasehan dimulai dan dihadiri oleh Keluarga Alumni Forshei, Majelis Pertimbangan Forshei, serta kader forshei 20212020 dan 2019. Dalam acara tersebut, dilakukan sharing antara para kader forshei dengan Keluarga Alumni Forshei. Dengan adanya acara sarasehan tersebut diharapkan dapat mempererat tali silaturrahmi para kader forshei dengan Keluarga Alumni Forshei.

Minggu, kemudian dilanjutkan dengan  senam bersama dan outbond. Kegiatan tersebut bertujuan agar para kader dapat meningkatkan kekompakan dalam berkompetisi dan dapat melatih manajemen sebuah tim.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi  mengenai ke-forshei-an oleh Saudara Mohammad Ikhsanudin yang dimoderatori Saudari Anisah. Melalui penyampaian materi tersebut para kader forshei 2021 dapat mengetahui lebih jauh mengenai peran kampus sebagai wadah kaderisasi bagi para penerus bangsa dan peran mahasiswa sebagai civitas akademisi muda. Selanjutnya diakhiri dengan tanya jawab dengan dipandu oleh moderator. Penyampaian materi berakhir pukul 12.20 WIB dan dilanjutkan dengan pemilihan ketua angkatan dimana Saudara Badhawi berhasil terpilih sebagai ketua angkatan kader forshei 2021.

Kemudian disambung dengan pembagian mentor bagi para kader forshei 2021 dan penutupan acara Pra SET. Acara Penutupan dimulai pada pukul 14.50 WIB dengan dipandu oleh Saudari Nurul Fajriatussaadah selaku MC. Di dalamnya terdapat sambutan oleh Saudara M. Sholihul Huda selaku ketua panitia, Saudara M. Fariq Haikal selaku Wakil Ketua Umum forshei dan Saudara Luqmanul Hakim selaku Majelis Pertimbangan Forshei. Acara dilanjutkan dengan pembacaan do'a oleh Saudara Imron Chumaedi dan ditutup oleh Saudari Nurul Fajriatussaadah selaku MC.

Seperti tema yang diangkat dalam Pra SET 2021, diharapkan para kader forshei 2021 dapat lebih mengenal dan menjaga silaturrahmi antara satu sama lain meskipun berhalangan untuk berkumpul secara tatap muka akibat pandemi Covid-19 seperti tagline-nya yaitu merangkul kebersamaan wujudkan impian. Selain itu, diharapkan Pra SET kali ini dapat menjadi gerbang baru bagi para kader forshei 2021 untuk terus berproses dan belajar nantinya.


Penulis: Nurul Fajriatussaadah