Transformasi Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Berbasis Ramah Lingkungan

 

Pembangunan ibu kota negara ini merupakan pembangunan yang menerapkan adanya pertumbuhan ekonomi yang inklusif dengan memiliki simbol identitas bangsa yaitu green economy, green energy, smart transportation serta tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif dalam tranformasi besar bangsa Indonesia.

Dengan adanya pembangunan ini, IKN Nusantara membuka potensi keuntungan dalam ekonomi Indonesia untuk mendorong pertumbuhan, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi kemisikinan. Dengan menjadikan IKN Nusantara sebagai pusat gravitasi ekonomi baru, diharapkan dapat membawa multifier effect dengan menjadikan episentrum pertumbuhan yang akan semakin merata ke wilayah luar Jawa guna mendukung pembangunan Indonesia Sentris menuju Indonesia Maju 2045.

IKN Nusantara merupakan milestone Indonesia Maju 2045 yang ditopang dengan pembangunan Indonesia Sentris yang mendukung terciptakan pertumbuhan inklusif dan sekaligus mengirimkan pesan kepada dunia bahwa IKN Nusantara ini bukan semata-mata memindahkan fisik ibu kota, memindahkan fisik kantor-kantor pemerintahan, namun lebih dari itu, merupakan upaya Indonesia membangun kota baru yang smart, kota baru yang kompetitif di tingkat global, membangun sebuah lokomotif baru untuk transformasi Indonesia yang berbasis inovasi dan berbasis teknologi dan green economy.

IKN Nusantara akan didukung dengan smart transportation yakni sistem transportasi kota yang dirancang berbasis integrasi pengembangan transportasi publik, sepeda, dan pedestrian dengan menerapkan Integrated Information System, Intelligent Transport System, dan Innovative Public Transportation Network serta mempromosikan kendaraan hemat bahan bakar dan ramah lingkungan (electric car).

Dari sisi pemanfaatan energi, IKN Nusantara akan menggunakan Teknologi Smart Grid dengan memanfaatkan matahari sebagai sumber listrik, menggantikan listrik yang bersumber dari batu bara sehingga mengurangi jumlah CO2 serta mampu mengontrol distribusi energi listrik menggunakan jaringan kabel bawah tanah.

Di samping itu, pemanfaatan green building yang ditandai oleh peningkatan efisiensi energi, pengurangan konsumsi air dan bahan, dan peningkatan kesehatan dan lingkungan, penggunaan peralatan yang hemat energi dan ramah lingkungan, penggunaan energi terbarukan, peningkatan kualitas udara dengan heating and cooling system, dan penggunaan sistem pencahayaan alami.

Smart City yang akan mewarnai IKN Nusantara akan menjadikannya sebagai sebuah kota yang sehat, efisien, dan produktif ramah pejalan kaki dan pengguna sepeda serta menyediakan layanan keamanan dan kesehatan serta pendidikan new smart metropolis yang mampu menjadi  pusat inovasi berkelas dunia. Dengan Pembangunan IKN ini menjadi suatu percobaan adanya pro terhadap melestarikan lingkungan serta pro adanya kemajuan teknologi di seluruh dunia.



Sumber gambar: dishub.acehprov.go.id

Penulis:  Fariz Adhica (Kader 2021)

Post a Comment

0 Comments