Semangat Berproses, Forshei Berjuang di Temu Ilmiah Regional Jawa Tengah Tahun 2022

 

Semarang, 19/06/2022- Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang, mengikuti ajang bergenngsi yaitu Temu Ilmiah Regional 2022 se-regional Jawa Tengah, dalam kegiatan ini Kampus IPMAFA (Institut Pesantren Mathaliul Falah) Pati sebagai tuan rumah. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yaitu tanggal 17 s.d 19 Juni 2022 secara offline dengan mengusung tema “Penguatan Ekosistem Lembaga Keuangan Syariah Dalam Implementasi Keuangan Berkelanjutan Guna Pemulihan Ekonomi Nasional”. Kegiatan TEMILREG bertujuan mendukung pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi melalui penguatan ekosistem lembaga keuangan syariah. TEMILREG kali ini diikuti oleh tiga puluh (30) perguruan tinggi di Jawa Tengah.

TEMILREG dimulai pada hari Jumat, 17 Juni 2022 pukul 09.00 WIB dengan acara seminar nasional di Aula 1 Kampus IPMAFA PATI yang diikuti oleh seluruh peserta TEMILREG. Seminar ini turut dihadiri oleh Prof. Muhammad, M.Ag selaku pembicara 1 dan Bapak Khabib, S.E. Sy perwakilan dari MES, Jateng selaku pembicara 2. Seusai penutupan seminar nasional, acara dilanjutkan dengan babak final Lomba Karya Tulis Ilmiah dan babak penyisihan dari Lomba Islamic Economic Olympiade.

Event competitions dimulai pukul 13.00 WIB. Masing-masing peserta memasuki ruangan sesuai dengan cabang lomba yang diikuti. Dimana pada hari pertama ini dimulai dengan babak final LKTI yang diikuti oleh 10 peserta yang memiliki paper terbaik dari penilaian sebelumnya. Pada babak final LKTI ini masing-masing peserta diberikan kesempatan untuk presentasi dan menunjukan seberapa kuat argumentasi mereka dalam mempertahankan inovasi yang ditulisnya. Dan diwaktu bersamaan babak penyisihan dari Lomba Islamic Economic Olympiade pun berlangsung.

Keesokan harinya event competitions dilanjutkan dengan final dari Lomba Islamic Economic Olympiade dan Business Plan. Yang mana pada kesempatan kali ini peserta menunjukkan kemampuan terbaiknya disetiap cabang lomba, bukan ingin menjadi pemenang melainkan ikut berpartisipasi dalam menjalin persatuan ukhuwah dalam kegiatan TEMILREG 2022.

Serangkaian acara telah berjalan, babak demi babak telah terlewati dengan lancar. Pada malam harinya, acara dilanjutkan dengan Gathering Night dan pengumuman hasil perlombaan. Pada Lomba Islamic Economic Olympiade Juara pertama dan ketiga diraih oleh Ksei forshei UIN Walisongo Semarang dan Juara kedua KSEI FEB UNDIP. Sedangkan Lomba Karya Tulis Ilmiah Juara pertama diraih oleh KSEI UIN SAIZU, Juara kedua diraih oleh KSEI FEB Undip, dan Juara ketiga diraih oleh Ksei forshei UIN Walisongo Semarang.

Secara keseluruhan Ksei forshei berhasil menunjukkan prestasinya dengan meraih 3 kejuaraan pada TEMILREG Jawa Tengah 2022 ini. Perolehan pertama yaitu Juara 1 Lomba Islamic Economic Olympiade  oleh tim 1 yang beranggotakan Bahrotun Nafaroh, Widya Dewi Fortuna dan Muhammad Hanif Annasih. Kedua, Juara 3 Lomba Islamic Ekonomi Olympiade oleh tim 2 yaitu Tria Pibriani, Siti Fatimah dan Hilmayanti Farizka. Ketiga, Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan judul “Implementasi Penerapan Konsep Green Economy dan Budaya Cashless pada Objek Wisata Grand Maerakaca Kota Semarang” oleh Putri Ayu Agustina, Anggi Nofita Sari dan Refi Agustina.


Penulis: Anggi Nofita Sari

Post a Comment

0 Comments