Belajar menjadi penulis kreatif, Forshei adakan Kunjungan ke Kantor Mojok Yogyakarta



Sleman, 31 Januari 2023- Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (Forshei) mengadakan kegiatan kunjungan ke sebuah kantor media di Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Forshei di periode 2022/2023, khususnya dari Divisi Media dan Divisi Multimedia. Kunjungan dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Januari 2023 di Kantor Media Mojok Yogyakarta dan diikuti oleh 8 orang perwakilan dari masing-masing BPH, anggota divisi Media dan divisi Multimedia. Acara kunjungan ini mengarah pada tema ‘artikel popular dan karakteristik penulisan di Mojok’.

Pemberangkatan dari Semarang pukul 09.00 berkumpul di depan Audit 2 Kampus 3 UIN Walisongo. Sampai di Yogyakarta sekitar pukul 13.00 dilanjutkan ishoma. Setelah selesai ishoma pukul 15.00 menuju ke tempat kunjungan kantor Mojok. Sampai di kantor Mojok kami disambut hangat oleh kru-kru Mojok. Kegiatan kunjungan dipandu oleh pemimpin redaksi Mojok Mas Agung dan beberapa kru lainnya. Dalam kegiatan ini kami mengajak small grup discussion (SGD) kepada kru Mojok.

Beberapa hal yang disampaikan dalam small group discussion (SGD) untuk kader Forshei agar meningkatkan minat menulis dan membaca. Imajinasi yang dimiliki dapat dijadikan sebuah karya apabila dituangkan dalam sebuah tulisan. Mas Seno dari tim redaktur menyampaikan bahwa tidak ada karakteristik khusus dalam menulis sebuah karya yang penting informasi dapat tersampaikan dan pembaca mudah memahaminya. Untuk menarik minat baca seseorang terlebih dahulu menentukan target pembaca, sehingga tema yang akan disampaikan dapat menyesuaikan dan dapat menarik perhatian pembaca.

Ada beberapa solusi untuk membiasakan kita dalam menulis yaitu dengan memulai dari hal yang paling kita sukai. Dengan begitu, akan lebih mudah penulis untuk menuangkan imajinasinya. Menulis ulang bacaan dengan bahasa yang lebih singkat dan tulis tangan, sehingga melatih seseorang untuk membaca dan menulis. Salah satu keresahan di dalam unit Pelatihan ialah turunnya minat menulis dan membaca kader. Untuk menumbuhkan kepekaan terhadap minat literasi anak muda saat ini dengan melakukan riset atau mengajak berbicara non-formal bersama orang-orang dan hasil tersebut diobservasi dan diamati.

Alhamdulillah kegiatan kunjungan berlangsung lancar. Kegiatan kunjungan berakhir pada pukul 17.00 WIB dilanjutkan penyerahan kenang-kenangan dari tim Forshei sebagai tanda terima kasih. Sebelum pulang dari tim Forshei dan kru Mojok foto bersama. Dengan dilaksanakannya kunjungan ini diharapkan kader Forshei dapat menjalin silaturahmi dan ilmu yang didapatkan bermanfaat serta lebih meningkatkan minat baca dan tulis mereka. Sehingga dalam menghasilkan karya dapat lebih maksimal.

(Savira Mahardika Kader Forshei 2021)