LAKUKAN EVALUASI KEPENGURUSAN, FORSHEI SELENGGARAKAN ACARA MUSYAWARAH TENGAH TAHUN 2022/2023

Semarang, 11/02/23 - Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan MUSTATA (Musyawarah Tengah Tahun) periode 2022/2023. Acara ini dilaksanakan di Kantor PPP Jateng Jl. Karanganyar No. Km. 12, Wonosari, Kec. Ngaliyan Kota Semarang. Acara ini dihadiri oleh kader 2020, 2021, 2022, Majelis Pertimbangan Forshei (MPF), dan Keluarga Alumni (KA) forshei sebanyak 65 peserta.

MUSTATA (Musyawarah Tengah Tahun) diadakan dengan tujuan untuk mengevaluasi sistem kerja dari pengurus sebelumnya untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya sehingga layak untuk diajadikan pedoman pengurus masa selanjutnya.

Acara MUSTATA ini dimulai pukul 10.30 yang dipandu langsung oleh Wilda Mutia sebagai Master of Ceremony. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Saudara Muhammad Galih Abdurrahman kemudian disambung dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Forshei.

Acara selanjutnya yaitu sambutan - sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Saudara Tri Yatmoko selaku ketua panitia. Dilanjut sambutan dari Saudara Imron Chumaedi selaku ketua umum forshei. Dan sambutan terakhir disampaikan oleh Saudara M. Maulana Ajalun Natiq selaku Majelis Pertimbangan Forshei (MPF). Acara pembukaan ini diakhiri dengan pembacaan doa oleh Saudara Ahmad Syamsul Ma’arif.

Selanjutnya upgrading oleh moderator Ulul A’izah yang disampaikan  oleh pemateri upgrading yaitu Saudara Mamduh,S.E.I yang menyampaikan tentang organisasi forshei sendiri dan perkembangannya dalam tahun ke tahun serta pengaruh pandemi dalam berjalannya suatu organisasi.

Pelaksanaan acara  MUSTATA ( Musyawarah Tengah Tahun) ini berjalan dengan tertib yang dipimpin oleh Ahmad Sahal dan Isna Nailil Muna. Meliputi penjelasan dan pemaparan Laporam Pertanggung Jawaban (LPJ) dari setiap unit  forshei selama periode kepengurusan yang telah dilalui selama setengah tahun ini.Pada tiap akhir pemaparan per unit diadakan sesi tanya jawab serta saran dari pada kader, MPF, dan KA.

Pemaparan disampaikan oleh Unit PSDK (Pemberdayaan Sumber Daya Kader), Unit Pelatihan, Unit Kajian dan terakhir disampaikan pemaparan oleh BPH (Badan Pengurus Harian). Pemaparan pertama oleh Unit PSDK (Pemberdayaan Sumber Daya Kader) meliputi berbagai agenda dan kaderisasi. Kemudian dilanjut pemaparan dari Unit Pelatihan meliputi: Divisi Media dan Penerbitan, Divisi Multimedia, Divisi Usaha dan Kreativitas. Dilanjut pemaparan dari Unit Kajian yang meliputi: Divisi Ekonomi dan Akutansi , Divisi Muamalah dan Kuttubutturast, Divisi Riset dan Jurnalistik. Dan yang terakhir pemaparan dari unit BPH (Badan Pengurus Harian) yang meliputi : Ketua Umum dan Wakil ketua Umum, Sekretaris dan Bendahara. Dalam akhir pemaparan dari tiap unit, diakhiri dengan FGD (Foccuss Group Discussion) oleh semua pengurus.

Acara ini berjalan dengan baik dan lancar mulai dari pembukaan hingga penutupan. Dalam hal ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua dan dapat meningkatkan partisipasi yang aktif dengan jalinan komunikasi yang saling mendukung antara sesama kader. Juga untuk meningkatkan rasa tanggungjawab atas tugas-tugas yang akan diemban dalam kemajuan forshei sendiri.


Penulis : Masnuna (Kader Forshei 2022)