5 Hal Di Bulan Ramadhan Yang Mendadak Spesial

Bulan Ramadan sebentar lagi, bulan ini yang ditunggu-tunggu para muslim di seluruh penjuru dunia khususnya di Indonesia. Bulan yang penuh berkah berbagai kegiatan mulai dari yang sifatnya mahdhah (murni) sampai pada ghairu mahdhah (muamalah). Hal ini bisa kita lihat di suasana perkotaan maupun di kampung.

Salah satunya adalah azan Magrib. Waktu azan yang kerap dijadikan senjata sebagian orang tua untuk menakut-nakuti anak mereka dengan “Jangan keluar pas azan Magrib. Banyak setan!” ini, seketika menjadi primadona bila Ramadan tiba.

Di kampung saya, menunggu waktu maghrib atau bahasa lokal kita sering disebut ngabuburit. Pemuda banyak menghabiskan waktu dengan berkeliling sawah melihat balapan motor sampai terdengar sirine tanda waktu berbuka tiba padahal di bulan selain ramadan terlihat biasa saja .

Akan tetapi ada hal yang unik lagi yang biasanya kita sering jumpai di bulan ramadan, misalnya beberapa hal berikut:

#1 saling bertukar ucapan selamat berbuka puasa

Sebentar lagi memasuki awal bulan puasa, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa sudah menjadi hal biasa. Berbagai ucapan mulai bentuk puisi, salam biasa. Saling mengatakan satu sama lain agar tidak bolong-bolong puasanya, tidak sedikit juga para non muslim turut memberi ucapan selamat berpuasa pada muslim

Marhaban ya Ramadan! Selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim!”

#2 Iklan Marjan

Mendengar suara dari tv “berbuka dengan yang manis-manis”  pertanda sebentar lagi akan memasuki bulan puasa, sirup yang legendaris di Indonesia ini banyak penggemarnya, mudah penyajiannya. Marjan selalu memberi kejutan dalam iklannya , lihat sekarang di tahun 2023 ini efek CGI yang dipakai dalam Iklan Marjan cukup membuat warganet heboh sendiri dengan hasil kualitasnya yang sangat bagus bak layaknya sebuah film. Bahkan ada yang berkomentar bahwa iklan ini terasa seperti film.

 

"Iklan Marjan 2023 serasa nonton aquaman cuy." Tulis warganet di Tiktok.

 

#3 mencari takjil

Selama puasa yang penuh berkah ini, seringkah Anda diajak untuk mencari takjil gratis, kebanyakan dari kita mengartikan “takjil“ ini sebagai makanan kecil untuk berbuka puasa, seperti kurma, es campur, kolak, atau gorengan. Namun sebenarnya, “takjil“ berasal dari Bahasa Arab (ta’jil) yang berarti “bersegera“. Maksudnya adalah amanah untuk segera berbuka puasa ketika memang sudah waktunya untuk berbuka.

 Buka puasa memang tidak harus selalu dilakukan bersama dengan keluarga. Selain dengan keluarga terdekat dan sanak saudara lainnya, kamu bisa saja buka puasa dengan orang lain. Bisa bareng teman sekolah, teman kuliah, dan teman kantor. saya sendiri biasanya diajak oleh 2 teman saya untuk mencari masjid yang menyediakan takjil gratis, tak bisa dipungkiri anak kos ini menjadi momentum pencari makan gratis.

#4 sholat Tarawih

Shalat Tarawih adalah shalat khusus pada malam bulan Ramadan yang dilaksanakan setelah shalat Isya’ dan sebelum shalat witir. Hukum melaksanakan shalat Tarawih adalah sunnah bagi kaum laki-laki dan perempuan. Tidak hanya menjalankan sholat saja ada yang menjadi berwarna dari negara manapun. di surau/masjid saya biasanya dimeriahkan dengan jajanan dari shadaqah oleh para warga. Sambil tadarus menjadi hal yang tidak bisa dilupakan dibulan ramadhan

#5 buka puasa bersama

Berjalannya puasa, pernah dapat ajakan buka puasa bareng dari teman. kantor ataupun keluarga besar bani whatsApp sekalipun juga reunian? Banyak terjadi ajakan untuk buka puasa atau sering disebut bukber, dari yang mengikuti dari bukber kelas, komunitas sampai keluarga. ada juga yang hanya wacana sampai habis waktu bulan ramadhan. Tak jarang juga non muslim juga ikut bukber karena saking meriahnya bukber tersebut.

Itulah berbagai kegiatan yang biasanya dilakukan di bulan puasa yang penuh berkah itu, kiranya kita bisa melaksanakan dengan hikmah, semoga kita bisa lakukan hal positif selalu ya! di bulan ramadhan, selamat menjalankan puasa besok.

Penulis: Imron Chumaedi (Kader 2020)