Guna Membangun Solidaritas Para Kader Serta Mewujudkan Jiwa Kepemimpinan, Forshei Adakan Sharia Economist Training 2 2023




Kendal, 18-19 Maret 2023 Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang mengadakan Sharia Economist Training 2 (SET 2) 2023 dengan mengusung tema “Bangun Solidaritas, Lampaui Kapasitas Wujudkan Jiwa Kepemimpinan”. SET 2 merupakan agenda wajib yang harus diikuti oleh semua kader forshei 2022 yang tentunya telah mengikuti SET 1. SET 2 dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 18-19 Maret 2023 yang bertempatkan di Gedung PCNU Kendal dan diikuti oleh 50 kader forshei 2020, 2021, dan 2022.

Pembukaan SET 2 dimulai pukul 12.50 WIB yang dipandu oleh Saudari Lailatun Nafis selaku Master of Ceremony, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-quran yang dibacakan oleh Saudara Alfiatara Prakosa. Kemudian, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FoSSEI yang dipimpin oleh Saudari Fitria Nafkhatul Miskiyyah. Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Saudara Nur Abdullah selaku ketua panitia SET 2. Kemudian disambung sambutan dari Saudara Imron Chumaedi selaku Ketua Umum forshei. Dilanjutkan sambutan terakhir disampaikan oleh Saudara Bagas Siwi Wicaksono selaku perwakilan Majelis Pertimbangan Forshei (MPF). Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa SET 2 merupakan kaderisasi terakhir. Setelah kegiatan SET 2 ini diharapkan para kader dapat lebih kompak lagi karena berorganisasi akan bisa terasakan setelah terlampaui 1000 hari. Dilanjutkan do’a yang dipimpin oleh saudara Ade Zuki Damanik dan dilanjut penutupan oleh Master of Ceremony saudari Lailatun Nafis.

Setelah acara pembukaan terlampaui, dilanjutkan peralihan materi yang dipandu oleh saudara Fauzi Faidullah dan Saudari Puji Wulandari selaku MC non Formal untuk membuat tagline. Dilanjutkan penyampaian materi. Dalam penyampaian materi kali ini, Kader 2022 dibagi menjadi 2 kelompok (kelompok A dan kelompok B). Untuk materi pertama mengenai Networking yang disampaikan oleh Saudara Bagas Siwi Wicaksono dan Saudara Syukron. Dari materi yang telah disampaikan dapat ditarik benang merah bahwa Team work sangat diperlukan dalam organisasi untuk berkontribusi dan memberi solusi. Dilanjutkan shalat ashar dan penyampaian materi kedua mengenai manajemen konflik yang disampaikan oleh saudara Ahmad Fauzi, S.H. Dalam penyampaiannya, beliau memberikan pesan untuk semua kader untuk tidak menggantungkan organisasi dalam hal peningkatan potensi, tapi harus bisa mengasah diri sendiri melalui organisasi ini. Dilanjutkan acara selanjutnya yaitu ISHOMA dan bersih diri.
 
Tepat pukul 18.05 para kader dipandu untuk melaksanakan jama’ah shalat maghrib serta tahlilan bersama. Dilanjutkan jama’ah shalat Isya’ dan makan malam bersama. Kegiatan berlanjut materi ketiga mengenai pengelolaan event oleh saudara Iqbal Saraluyus Nuh. Dalam penyampaiannya dapat diambil benang merah bahwa kunci utama dalam melaksanakan sebuah event adalah bagaimana ada seorang kreator acara yang terencana, terorganisasi, dan dapat memberikan memorable setelahnya. Dilajutkan sarasehan beserta para alumni dan jelajah mimpi.
 
Pada keesokan harinya, kegiatan dibuka dengan jogging dan senam pagi bersama,  serta games di alun-alun kendal. Acara dilanjut dengan bersih diri dan sarapan. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemberian materi terakhir tentang Manajemen Team yang disampaikan oleh saudara Ma’arif. Dalan penjelasannya, beliau mengatakan bahwa manajemen team ini sangat diperlukan untuk mengatur strategi dan koordinasi dalam sebuah organisasi. Dilanjutkan shalat dzuhur berjamaah.
Acara SET 2 berakhir pada pukul 13.00 WIB dilanjutkan penutupan acara dan diakhiri dengan foto bersama seluruh kader forshei dan MPF. Dengan dilaksanakannya SET 2 ini, diharapkan para kader forshei senantiasa mampu menjalin silaturrahmi serta mempererat kedekatan satu sama lain, dan tentunya dapat memperoleh ilmu yang dapat bermanfaat bagi sekitarnya dan dapat meningkatkan semangat dalam membersamai forshei kedepannya.

Pipit Nur Wulaningrum

Kader 2021