Uang

 

UANG

Uang diartikan sebagai segala sesuatu yang diterima secara umum sebagai alat pembayaran yang sah.

Jenis Uang:

Uang Barang (Commodity Money), yaitu alat tukar yang memiliki nilai komoditas atau bisa diperjualbelikan

Uang kertas (Token Money) – fiat money

Uang Giral adalah uang yg dikeluarkan oleh bank-bank komersial melalui pengeluaran Cek dan alat pembayaran giro lainnya.


Motif uang (Keynes):

Money demand for transactions (Transaksi)

Money demand for precautionary (Berjaga-jaga)

Money demand for speculations (Spekulasi)


Uang dalam pandangan Islam:

Uang dinar adalah mata uang emas yang diambil dari zaman romawi dan uang dirham adalah mata uang perak warisan peradaban Persia.

Dinar dan dirham diperoleh bangsa arab dari hasil perdagangan yang mereka lakukan dengan bangsa-bangsa di seputar jazirah arab.

Dinar dan dirham bukan diterapkan dengan berdasarkan nilai nominal, melainkan berdasarkan beratnya. Cenderung stabil jangka panjang, kurs dinar dirham (1:10)


Fungsi Uang:

Dalam ekonomi konvensional, dikenal 3 fungsi uang, yaitu sebagai alat pertukaran (medium of exchange), satuan nilai (unit of account), dan penyimpan nilai (store of value).

Dalam ekonomi Islam hanya mengenal uang dalam fungsinya sebagai alat pertukaran (medium of exchange),dan satuan nilai (unit of account).


Perbedaan Uang dalam pandangan Islam dan Konvensional:

Dalam ekonomi konvensional: uang bersifat stock concept, uang merupakan privat goods, fungsi uang sebagai store of value (penyimpan nilai), ada motif spekulasi.

Dalam ekonomi Islam: uang bersifat flow concept, uang merupakan public goods, fungsi uang hanya sebagai alat transaksi dan berjaga-jaga, tidak ada motif spekulasi.