Dalam Memperkuat Sinergi Dan Mengembangkan Potensi Kader, Forshei Adakan Sharia Economist Training 1 (SET 1) 2023

 

Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (Forshei) telah melaksanakan kegiatan Sharia Economist Training 1 (SET 1) 2023 dengan mengusung tema “Perkuat Sinergi, Kembangkan Potensi”. Kegiatan tersebut merupakan agenda wajib selanjutnya yang harus diikuti oleh kader 2023 setelah PRASET. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 25-26 November 2023 bertempat di Kampung Jowo Sekatul, Margosari, Kec. Limbangan, Kab. Kendal. Diikuti oleh kader 2023, panitia acara (kader 2022), pengurus, MPF, dan KA. Persiapan peserta dimulai pukul 08.00 para panitia mengarahkan peserta menuju titik kumpul di samping auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang. Pemberangkatan menuju tempat acara menggunakan truk dan beberapa menggunakan motor. 

Hari pertama, Sabtu, 25 November 2023 pembukaan acara oleh saudari Masnunah Alfatunnisa selaku MC formal, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Muhammad Galih. Setelah itu, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars FoSSEI dipimpin oleh saudari Della Aria. Rangkaian acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh ketua panitia SET 1 2023 yaitu saudara Tri Yatmoko dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada partisipaasi peserta dan penyampaian agenda-agenda yang akan datang. Selanjutnya sambutan oleh ketua umum Forshei 2023 yaitu saudara Fauzi Faidulloh yang menyampaikan terkait kepengurusan Forshei. Terakhir, sambutan oleh saudara Abdul Muiz selaku perwakilan dari MPF, dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh saudara Ahmad Sahal. 

Setelah serangkaian acara pembukaan, peserta Ishoma terlebih dahulu karena setelah itu akan ada penyampaian materi dari mas-mbak senior. Materi pertama tentang “Personal Identity” yang dibawakan oleh Mas Faiz. Beliau menyampaikan kepada peserta tentang arti dan penerapan serta fungsi personal identity. Materi kedua tentang “Leadership” yang dibawakan oleh Mbak Fitrah. Penyampaian materi 1 dan materi 2 selesai, para peserta mengikuti salat ashar berjamaah dan istirahat sejenak dengan diselingi diskusi kelompok untuk membahas yel-yel dan pensi yang akan ditampilkan. Agenda malam harinya yaitu pembacaan yasin dan tahlil, dilanjutkan sarasehan. Pada kesempatan kali ini, sarasehan SET 1 2023 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena didatangi langsung oleh Mas Herry Aslam selaku Founding Father Forshei serta beberapa KA yang lain. Dalam sarasehan itu, mereka saling sharing mengenai Sejarah forshei, pengalaman dan perjalanan selama berjuang di Forshei untuk memberikan motivasi, wawasan, serta pembelajaran bagi peserta SET 1. Setelah sarasehan selesai dilanjutkan istirahat, karena masih ada agenda di hari kedua.

Hari kedua, agenda selanjutnya dimulai dengan senam bersama dan dilanjutkan dengan post test. Dalam post test ini terdapat 4 (empat) post, yang mana masing-masing post ini memiliki kesan tersendiri, dimulai pengetahuan terhadap kepengurusan forshei, uji IQ, pemecahan masalah bersama, dan tes kepribadian diri. Setelah acara post test, peserta SET 1 dihibur dengan keseruan menyalakan smoke boom yang diiringi musik. Dilanjutkan dengan makan siang. Dikarenakan agenda pensi tidak bisa terlaksana, sebagai gantinya diisi dengan renang. Sebelum penutupan acara para peserta mengikuti rembuk angkatan terlebih dahulu untuk mendiskusikan terkait MUSTATA yang akan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang dan panitianya diambil dari kader 2023. Para peserta juga mengikuti spilt gift dengan penuh keceriaan dan keseruan. Setelah serangkaian acara terlaksana, terakhir adalah penutupan. Alhamdulillah acara berjalan lancar, walaupun terdapat sedikit kendala yaitu hujan. Sehingga acara pembukaan dan kepulangan peserta sempat tertunda karena menunggu hujan reda. Semoga dengan telah terlaksananya acara SET 1 dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi peserta untuk siap berjuang dan menjadi bagian keluarga forshei.

Penulis: Savira Mahardika (Kader Forshei 2021)