ForSHEI berkunjung "Pusat Informasi Go Public Semarang"

Thursday, March 23, 2017
Semarang(23/03)-Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (ForSHEI) pada tanggal 21 dan 23 Maret 2017 mengadakan kunjungan ke kantor Bursa Efek Indonesia cabang Semarang tepatnya di Jln Thamrin No.152. Kunjungan ini bertema Mendorong perusahaan Masuk Bursa. Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari Majelis Pertimbangan ForSHEI (MPF), Badan Pengurus Harian (BPH), para kader ForSHEI 2014-2016. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan para kader ForSHEI bagaimana peran Bursa Efek dalam mendorong perusahaan yang go pablik untuk masuk kedalam BEI itu sendiri, selain itu juga bertujuan mengenalkan para kader bagaimana cara berinvestasi yang baik dan benar agar tidak tertipu dengan saham-saham bodong.
Acara dimulai pada pukul 09.00 dengan membaca Basmallah setelah itu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dari Perwakilan MPF, sambutan kedua dari perwakilan ketua Umum ForSHEI, dan sambutan yang ketiga dari Bapak Fanny. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Fanny selaku perwakilan trainer IDX Bursa Efek Indonesia cabang Semarang.
Perusahaa Go public adalah perusahaan yang memiliki pemegang saham sebesar 300 saham. Sedangkan Go public Sendiri adalah kegiatan penawaran efek oleh emiten untuk menjual efek pada masyarakat yang diatur dalam Undang-undang Pasar Modal dan peraturan pelaksanaanya. Manfaat perusahaan Go Public sendiri yaitu: menghindari kerugian perpecahan perusahaan keluarga, mendapatkan dana cepat untuk ekspansi atau bayar pinjaman, meningkatkan image, meningkatkan loyalitas para karyawan, menaikan nilai perusahaan. Perusahaan pertama kali melakukan Go public pasti melakukan IPO. Apasih IPO itu? IPO adalah saham suatu perusahaan yang pertama kali dilepas untuk ditawarkan atau dijual kepada masyarakat atau publik. Kunci Sukses IPO yaitu: Liquiditas Stabil, Kepercayaan Masyarakat, Under Writter. terlihat para peserta sangat antusias dalam kegiatan ini karena banyak peserta yang menanyakan hal-hal yang belum pernah mereka ketahui.
“Strategi apa yang dilakukan BEI agar para perusahaan yang Go Pablic mau masuk kedalam BEI?” ujar salah satu peserta kunjungan. “Stategi yang kami lakukan adalah dengan memperlihatkan keuntungan perusahaan-perusahaan yang sudah terdaftar dalam BEI kepada Perusahaan yang belum terdaftar” ujat Fanny. Acara berakhir pada pukul 12.00 dan diakhiri dengan foto dan tos bersama.
Siti Kaulifah Andarwatik (Kader ForSHEI 2015)
“\

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »