ForResearch : Pelatihan Penelitian Forshei

Tuesday, September 26, 2017

Semarang (24/9) - Semangat pagi terlihat dari raut wajah peserta pelatihan riset yang diadakan oleh Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) pada hari Minggu, 24 September 2017, yang bertempat di gedung L2 kampus III UIN Walisongo Semarang. Pelatihan yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut dihadiri peserta sebanyak 30 orang, yang merupakan kader forshei itu sendiri. Pelatihan yang bertemakan “For Research” merupakan sebuah pelatihan dalam hal penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah, yang materinya disampaikan oleh Ibu Heny Yuningrum, SE, M.Si dan saudari Millaturrofi’ah, S.H.

Pelatihan dimulai dengan sambutan pertama oleh saudara Baihaqi sebagai wakil ketua forshei dan kemudian dilanjutkan oleh saudara Chusni Mubarok selaku perwakilan dari Majelis Pertimbangan Forshei (MPF).

Materi pertama yaitu penjelasan tentang metodologi penelitian kuantitatif untuk segala jenis karya tulis ilmiah oleh Ibu Heny Yuningrum, SE, M.Si. Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa, penelitian kuantitatif itu merupakan sebuah penelitian yang mengolah data dan penelitian. Metodologi kuantitatif adalah jenis penelitian yang paling mudah dan paling sering dilakukan di luar negeri, dikarenakan para peneliti hanya perlu melakukan observasi untuk memperoleh data dan selebihnya hanya melakukan analisa mendalam terhadap data yang diperoleh dalam observasi tersebut. Selain itu, metode kuantatif merupakan metode penelitian yang selalu berkembang sehingga hasil dari penelitiannya yang selalu terbaharukan.

Materi kedua yaitu penjelasan mengenai metodologi penelitian kualitatif untuk segala jenis karya tulis ilmiah oleh saudari Millaturrofi’ah, S.H. Menurut beliau, dalam menulis kita harus sering cari tahu “peka” terhadap isu–isu sosial yang sering muncul. Kita juga harus bersahabat dengan aktifitas membaca buku untuk meningkatkan perbendaharaan kata, dan poin terakhir yang penting dalam menulis menurut beliau adalah asal jadi, asal terbit, asal best seller dan ada tekad untuk belajar menulis.

Pelatihan ini merupakan wujud usaha forshei dalam meningkatatkan literasi dalam bidang penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah kepada mahasiswa khususnya kader-kader forshei. Diharapkan setelah adanya pelatihan ini, kader-kader forshei mampu mengimplementasikannya dalam sebuah bentuk  karya tulis ilmiah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »