Mengasah keterampilan kader forshei lewat jurnalistik

Saturday, November 18, 2017
Semarang, Sabtu 18/11 Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan tahunan yaitu pelatihan jurnalistik tepatnya dari jam 08.00 WIB - selesai, di gedung M2 UIN Walisongo Semarang. Pelatihan ini berlangsung dengan lancar yang dipandu oleh MPF Ahmad Arief Widodo dan diikuti 30-an kader forshei angkatan 2017 dan 2016. Pelatihan tersebut diisi dengan pengertian jurnalistik juga mengulas pengertian berita, macam berita, nilai berita, anatomi, unsur dan sumber berita, serta seputar opini dan dilanjut dengan latihan menganalisa berita lewat koran Kompas. Sesi analisa terbagi menjadi empat kelompok, yakni kelompok penganalisa "Para Pelari Elite Perketat Persaingan", kelompok penganalisa " Waspadai Diabetes pada Masa Kehamilan", kelompok penganalisa "Proses berkurang 24 hari (fasilitas fiskal)", dan kelompok penganalisa "Peru Akhiri Penantian 35 Tahun ke Piala Dunia". Setiap kelompok akan mempertanggungjawabkan analisa mereka dengan presentasi, dan dilanjutkan dengan tanya jawab dari kader forshei kepada pemateri.

          "Tentu pelatihan jurnalistik ini sangat bermanfaat dan berpengaruh bagi kita sebagai pemuda dalam bidang tulis menulis, apalagi kader forshei yang sudah seharusnya mempunyai ketrampilan tersebut", ucap Fitriana (forshei 2017).

         Pelatihan dini diadakan sesuai dengan Visi dan Misi forshei untuk menciptakan kader intelektual muslim dalam bidang ekonomi dan memberikan bekal ketrampilan yang bermanfaat bagi diri sendiri agama, bangsa dan negara.

Milhatun Nisa' (forshei 2017)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »