Permainan Stocklab dalam Puncak Peringatan HUT OJK ke-6

Sunday, November 26, 2017
Sabtu25/11-Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang mengikuti kegiatan yang diadakan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Kegiatan yang berupa perlombaan, yaitu lomba Stocklab, yang dilaksanakan pada pukul 08.00-12.00 WIB. Perlombaan dilaksanakan di kantor OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY, tepatnya di Jalan Kyai Saleh No 12-14, SemarangGame ini merupakan salah satu dari berbagai perlombaan yang dilaksanakan dalam peringatan puncak HUT OJK ke-6 dan diikuti oleh berbagai instansi, termasuk kader forshei yang berjumlah lima orang, yaitu: An’im Jalal (MPF), Muhammad Iqbal Hakiki Maramis (kader forshei 2016), Arri Yuwono (kader forshei 2016), Hibrah Raisah (kader forshei 2016), dan Milhatun Nisa’ (kader forshei 2017) sebagai delegasi dari UIN Walisongo Semarang.

Acara puncak peringatan HUT OJK ke-6 ini dibuka oleh Bapak Indra Yuheri selaku Direktur Pengawas Lembaga Jasa Keuangan. Sebelum memulai perlombaan-perlombaan seluruh peserta mengawalinya dengan senam bersama. Dalam perlombaan Stocklab tidak hanya sekadar perlombaan belaka, namun bertujuan agar menarik masyarakat untuk menanam saham, Stocklab adalah permainan simulasi pasar modal untuk masyarakat awam. Stocklab ini sebuah permainan yang menggunakan kartu seperti domino maupun uno yang dimainkan oleh dua hingga lima orang pemain. Namun perbedaannya, dalam kartu Stocklab ada perkenalan tentang pasar modal. Stocklab terdiri dari beberapa kartu, diantaranya kartu saham, kartu emiten, dan kartu aksi. Game ini pun mengenalkan para pesertanya ke rumor yang bisa jadi sentimen pergerakan suatu saham dan trading fee. Singkatnya permainan berakhir saat kartu ekonomi terakhir dibuka, dan etiap pemain menghitung nominal koin yang mereka miliki ditambah aset yang mereka miliki baik dari kartu saham ataupun reksa dana, pemain yang memiliki total nilai paling tinggi dinyatakan sebagai investor terbaik maka investor terbaik itu pemenangnya. Dengan adanya permainan ini pasar modal diperkenalkan secara menyenangkan.

Pemenang game Stocklab mendapatkan hadiah berupa uang. Juara pertama akan mendapatkan hadiah uang dengan nominal Rp 1.000.000, untuk juara kedua akan mendapatkan hadiah uang dengan nominal Rp 750.000, dan juara ketiga akan mendapatkan hadiah uang dengan nominal Rp 500.000. Untuk kader forshei belum berkesempatan menjadi pemenang di perlombaan ini. Namun, tetap tidak melunturkan semangat dan keceriaan kader forshei. Diperlombaan berikutnya forshei akan berusaha sebisa mungkin untuk mendapatkan juara, selanjutnya kader forshei yang mengikuti perlombaan melakukan foto bersama sebelum meninggalkan kantor OJK.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »