Tes Potensi Akademik Kader 2016 dan 2017

Monday, November 13, 2017

Semarang, 12/11 Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) mengadakan Tes Potensial Akademik (TPA). Acara ini diikuti oleh kader forshei 2016 dan 2017. Tes ini dilakukan secara online dengan teknis setiap peserta diberi waktu satu jam untuk mengerjakan soal sesuai dengan tingkatnya, apabila dalam waktu satu jam belum submit jawabannya, maka peserta dianggap gugur.

Tes TPA dimulai pada pukul 09.30 WIB dan dilaksanakan di gedung M2 Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang. Selama berlangsungnya tes, peserta didampingi oleh pengawas yang terdiri dari kader forshei 2015. Para peserta sangat antusias, karena dilihat dari banyaknya kader yang mengikuti tes, terlihat para kader yang sangat serius dalam menjawab soal dan sesekali terlihat kesulitan dalam menjawab soal TPA.

Tujuan diadakan tes TPA ini adalah untuk mengetahui seberapa pemahaman para kader baik 2016 dan 2017 terhadap materi yang telah didiskusikan. Selain itu juga, sebagai ajang screening untuk para kader terhadap minat dan bakat mereka yang sangat mungkin dikembangkan melalui forshei, karena forshei selain sebagai ajang untuk memperluas wawasan serta menimba ilmu lebih dalam, juga sebagai ajang untuk pengembangan bakat dan minat para kader dalam segala bidang yang terkait dengan ekonomi Islam ataupun mengenai keorganisasian. Kemudian, juga sebagai tolak ukur persiapan para kader yang akan mengikuti lomba terdekat yaitu Temu Ilmiyah Komisariat Semarang (TEMILKOM) yang akan dilaksanakan pada 20 November 2017 mendatang. Pengumuman nilai akan dilaksanakan pada keesokan harinya melalui via WhatsApp.

Acara berakhir pada pukul 10.30 WIB dengan ada beberapa kader yang telat men-submit lembar jawaban sehingga mereka dianggap gugur. Namun, akan diadakan tes susulan bagi para kader yang gagal ataupun yang telat, seusai sesi tes pertama. Diharapkan dengan adanya tes seperti ini, dapat memacu semangat para kader untuk dapat memahami materi yang telah diberikan pada diskusi setiap minggunya agar dapat terus diingat dan dapat bermanfaat untuk kemudian harinya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »