Ada Apa dengan Regional Training for Trainer 2018 ?



KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) sebagai salah satu organisasi tingkat mahasiswa yang gencar mengembangkan ilmu ekonomi Islam, dan diharapkan mampu untuk melahirkan generasi-generasi yang paham mengenai ekonomi Islam. Tidak hanya paham bagi dirinya sendiri, tapi paham bagaimana cara memahamkan dan menanamkan ilmu ekonomi Islam secara mendasar kepada rekan sebaya hingga masyarakat, supaya tercipta regenerasi dan kemandirian keilmuan ditingkat masing-masing kelompok studi.

RTT (Regional Training for Trainer) merupakan salah satu agenda penting yang diselenggarakan oleh Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam Regional Jawa Tengah. Kegiatan ini diinisiasikan untuk dapat melahirkan kader/anggota KSEI yang paham bagaimana memahami sekaligus memahamkan ekonomi Islam di lingkup KSEInya. Sehingga diharapkan KSEI bisa secara mandiri memiliki kemampuan untuk mengenalkan ilmu ekonomi Islam, tentunya dari sumber daya insani yang mereka miliki.

Sejarah RTT itu sendiri dulunya berawal dari NTT (National Training for Trainer), yaitu pembentukan kader FoSSEI di tingkat nasional. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, dirasa pembentukan kader atau anggota KSEI juga perlu dilaksanakan di ranah regional. Maka dari itu, perlu diadakannya RTT pada tahun ini, untuk membekali para kader KSEI sedari dini. Dengan diadakannya RTT ini selain untuk melahirkan kader/anggota KSEI paham tentang ekonomi Islam, juga untuk memperbaiki kualitas kajian KSEI di lingkungan FoSSEI di regional Jawa Tengah.

Karena RTT ini merupakan agenda regional, jadi pelaksanaan dipusatkan pada satu KSEI sebagai tuan rumah. Pada tahun ini kegiatan ini akan dilaksanakan di KSEI forshei UIN Walisongo Semarang, dan akan diikuti seluruh KSEI se-Jawa Tengah. Kegiatan ini selih berganti dilaksanakan di masing-masing KSEI tiap Perguruan Tinggi di wilayah Jawa Tengah.  

Nah, menjadi amat penting rasanya untuk diperhatikan bagi seluruh KSEI se-Jawa Tengah untuk dapat mengikuti agenda ini. Karena agenda RTT ini merupakan agenda yang dirancang guna melahirkan keberlangsungan keilmuan yang setingkat, mulai dari segi SDI mentor yang dimiliki masing-masing KSEI. Dan diharapkan pula akan membentuk keilmuan yang setara dari KSEI se-Jawa Tengah, sehingga bisa menaikkan level keilmuannya bersama-sama dan dapat memperjuangkan visi dan misi FoSSEI secara bergerilya.

Disamping itu, output dari terselenggaranya RTT ini diharapkan dapat menjadikan kader/anggota KSEI seorang ahli dan paham akan dunia ekonomi Islam. Karena akhir-akhir ini system ekonomi Islam di Indonesia sudah semakin Nampak, berbagai system perbankan ataupun hal lainnya sudah menerapkan prinsip ekonomi Islam dibandingkan dengan prinsip konvensional. Dan juga supaya menjadikan masyarakat untuk berpaling menggunakan jasa ekonomi Islam dalam berbagai hal.

Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan dapat mempererat ataupun menjaga tali silaturrahim antar kader/anggota FoSSEI. Selanjutnya, dapat menjadikan masing-masing kader untuk bertukar pikiran dalam membahas dan mengembangkan perihal ekonomi Islam serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Agung Nurdiansyah Firdaus (Koordinator Regional Jawa Tengah)



Posting Komentar

0 Komentar