Keberhasilan Forshei dalam Istiqomah Berproses

Sunday, March 04, 2018


            Semarang, 1/3 Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang, mengikuti event bergengsi yaitu “TEMILREG 2018 JATENG” Temu Ilmiah Regional 2018 Se-regional Jawa Tengah, dalam event ini yang menjadi tuan rumah adalah KSEI FRESH  IAIN Surakarta, dengan mengusung tema “Optimizing Indonesia’s Islamic Socio-Techno Financial Potency for SME’s Development in Central Java”. TEMILREG ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kondisi perekonomian Indonesia dan Jawa Tengah kearah yang lebih baik, dan diikuti oleh dua puluh lima (25) perguruan tinggi di Jawa Tengah. Ksei forshei sendiri mengirim beberapa delegasi lomba diantaranya, Islamic Ekonomi Olympiade, tim I (Moh. Ikhsanudin, Eva Nurul Anisa, Nandiyah), Islamic ekonomi Desain Infografis Competitions (Ari Yuwono Saputro), Islamic Ekonomi Paper Competitions ( Devi Nur Havifah, Fitriana Anindhika S, Nisa’ul Hanik)

TEMILREG dimulai pukul 07.00 WIB, dengan acara Seminar nasional di Graha IAIN Surakarta, diikuti oleh seluruh peserta Temilreg dan masyarakat umum, seminar ini dihadiri oleh Bupati Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya, S.H.,M.H. dengan pembicara dari Asosiasi Fintech Syariah oleh Dr. Murniati Mukhlisin,M.ACC, Perwalikan ketua OJK Solo oleh Bp. Tirto Adji Siswanto, Perwalikan dari Menteri Koperasi dan UMKM oleh Bp. Tamim Saefudin. Setelah selesai acara seminar nasional dilanutkan oleh Competitons.

Event Competitions dimulai pada pukul 13.15 WIB. Masing-masing peserta menempati ruangannya sesuai cabang lomba yang diperlombakan. Islamic Ekonomi Olympiade terdiri dari babak penyisihan, semi final dan final. Islamic ekonomi Desain Infografis Competitions terdiri dari satu babak yaitu presentasi Desain Info grafis Competitions, dan Islamic Ekonomi Paper Competitions terdiri dari satu babak yaitu presentasi Islamic Ekonomi Paper Competitions. Setiap peserta menunjukan kemampuan terbaiknya pada bidang lomba, bukan ingin menjadi pemenang tapi secara tidak langsung untuk memeriahkan persatuan ukhuwah dalam event TEMILREG.

Serangkaian acara berjalan dengan lancar, babak demi babak pun terlewati. Pada malam harinya, acara penutupan dan pengumuman hasil perlombaan. Pada lomba Islamic Ekonomi Olympiade Juara pertama diraih Ksei Forshei, juara kedua Ksei Fosei Unsoed, juara ketiga Ksei Jazirah Polines. Sedangkan lomba Islamic ekonomi Desain Infografis Competitions juara pertama diraih Ksei Forshei, juara kedua Ksei FEB UNDIP dan juara ketiga Ksei FE Unnes. Untuk lomba Islamic Ekonomi Paper Competitions juara pertama dan kedua diraih oleh Ksei FEB UNDIP dan juara ketiga diraih oleh KSEI forshei.

Alhamdulillah dari hasil diatas menunjukan bahwa KSEI forshei berhasil menunjukan prestasinya dengan meraih 3 juara dalam Temilreg 2018 ini dari 4 cabang perlombaan. Perolehan pertama diraih tim I (LCC) oleh Muhammad Ikhsanudin, Nandiyah, dan  Eva Nurul Anisa yang mendapat juara pertama, perolehan yang ke-2 forshei dari Desain Infografis oleh Ari Yuwono Saputro yang mendapat juara pertama dengan mengambil tema “Wakaf Produktif  Untuk Nelayan”, sedangkan perolehan yang ke-3 dari Islamic Ekonomi Paper Competitions Devi Nur Havifah, Nisa’ul Hanik dan Fitriana Anindhika yang mendapa juara ketiga dengan judul “Optimalisasi Ekspor Untuk Meningkatkan Pendapatan Petani Gula Merah di Kabupaten Banyumas Melalui Strategi Badan Usaha Milik Desa Berbasis Islamic Financial Technology. Sebelum beranjak meninggalkan tempat perlombaan, peserta dari forshei berkumpul dahulu dan berdoa sebelum perjalanan pulang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »