Cerdas Bermedsos-Bijak Mengekspos

Wednesday, April 25, 2018


Rabu, 25/04 - Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) UIN Walisongo Semarang melakukan kunjungan ke perusahaan startup yang ada di Semarang yaitu inibaru.id, tepatnya di Jl. Dewi Sartika Raya No. 9A Perumahan UNDIP-UNNES, Gunung Pati Kabupaten Semarang.  Kunjungan ini diikuti oleh 14 kader forshei terdiri dari MPF juga kader forshei 2015-2017. Kunjungan berlangsung dari pukul 14.00-17.04 WIB. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada kader forshei bagaimana cara memanfaatkan media sosial dengan baik dan mengkonsep media sosial agar diminati oleh masyarakat, bagaimana menyajikan gambar dengan informasi  bukan hanya meng-upload gambar-gambar saja tanpa adanya ilmu di dalam setiap postingan, serta bagaimana membuat reaksi agar diminati oleh pembaca, sesuai dengan tema kunjungan kali ini “Cerdas Bermedsos-Bijak Mengekspos”.
Menurut pengalaman Ike Purwaningsih selaku Pimpinan Redaksi inibaru.id bahwa internet di Indonesia sangat murah dibanding negara yang pernah ia kunjungi yaitu Jerman. Murahnya internet di Indonesia tidak diimbangi dengan literasi pada masyarakat. Oleh karenanya konten-konten yang seharusnya tidak buka, tapi tetap dibuka. Jika memiliki pendidikan yang cukup kita mampu menggunakan media sosial dengan baik.
Perusahaan inibaru.id merupakan portal berita yang mengulas hal-hal unik dan terbaru dari Indonesia. Inibaru.id menyatakan bahwa dengan ulasan yang diekspos diharapkan pembaca bangga menjadi bagian dari Indonesia. Inibaru.id sebuah media yang mengabarkan berita terbaru kondisi Tanah Air juga bearagam konten populer dan layak dikonsumsi oleh generasi millennial Nusantara. “Namun, bukan berarti  berita yang diekspos oleh inibaru.id hanya berita lokal, kita juga akan mengekspos berita Internasional karena warga Negara Indonesia memang perlu berita dari luar Negeri”, tutur Ike Purwaningsih selaku pimpinan redaksi inibaru.id.
Dalam jurnalistik seharusnya ada redaktur. Fungsi redaktur adalah mengarahkan wartawan-wartawan untuk mengekspos atau mencari berita dari sisi mana. Redaktur mempunyai peran penting pada controlling dan juga editing. “Ketika kita terjun pada dunia jurnalistik bukan hanya fokus pada memproduksi artikel, berita dan lain sebagainya, melainkan kita harus tanggung jawab pada posisi atau bidang kita. Struktural sangat penting”, jelas Ike Purwaningsih.
Pada zaman sekarang sering ditemukan postingan modus media sosial baik pada facebook atau media yang lainnya. Dalam dunia jurnalistik judul yang mengandung makna rahasia yang lumayan berlebihan sehingga menarik khalayak untuk membuka dan membacanya disebut click bait. Menurut Urban Dictionary, click bait adalah link (tautan) yang menarik perhatian mata (eyecatching link) di website yang mendorong orang untuk mengklik dan membacanya. “Di inibaru.id kami menghindari hal-hal semacam click bait karena seringnya tidak sesuai antara judul yang berlebihan dengan isinya”, jelas Ike Purwaningsih.
Terdapat kaidah pada jurnalistik yang diperlukan, menurut Galih P. Laksana bahwa harus ada verifikasi agar tidak terjerumus pada jurang hoax. “Untuk media, agar dilihat banyak orang yaitu dengan menyepakati judul tanpa adanya unsur click bait, harus punya ciri khas tulisan, dan kita harus punya target pembaca. Inibaru.id mempunyai target pembaca dari umur 20 tahun hingga 35 tahun”, papar Galih P. Laksana.
Bermedia sosial terlihat mudah, namun tanggung jawab dalam kebenaran menyebar informasi sungguh besar. “Kita harus tahu bahwa apa yang kita sampaikan itu benar adanya, juga dalam bermedia sosial kita harus tahu algoritma (sistem atau schedule) instagram atau media online lainnya. Karena itu akan berpengaruh pada like atau tereksposnya media yang kita punya. Pertama untuk memperkenalkan media yang kita punya adalah dengan cara manual, yaitu kita mengajak teman untuk like dan berkomentar yang berbobot pada postingan kita. Agar postingan tidak terlalu monoton sebaiknya kita masukan konten-konten viral yang baik dan tidak hoax”, jelas Dimas Djamaludin Baharsyah.
Tak terasa waktu sudah menunjukan untuk mencukupkan kegiatan kunjungan ini. Forshei memberikan kenang-kenangan kepada pihak inibaru.id sebagai ucapan terimakasih. Terakhir kader forshei foto bersama dengan Tim inibaru Media untuk kenang-kenangan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
27 April 2018 at 08:28 delete

Alhamdulillah semoga berkah ilmu nya

Reply
avatar