NgAktivis? Tapi Takut Salah Organisasi? : Kaidah Asyik Memilih Organisasi


Sebagai mahasiswa, jangan sampai kegiatan kalian nanti hanya berkisar di kos dan kelas saja! Mengaktualisasi diri merupakan suatu keharusan pula bagi mahasiswa. Nah untuk mengaktualisasi diri, ada banyak organisasi kampus yang bisa kalian ikuti. Karena banyak pelajaran yang bisa didapat dan tidak diperoleh di dalam kelas, bisa diperoleh diorganisasi, tetapi jangan asal masuk organisasi ya, karena selain kurang bermanfaat malah akan membebani dirimu. Nah ini ada beberapa tips buat kalian agar tidak salah pilih organisasi. Yuk simak!

1. Niatkan lah untuk berorganisasi
Segala sesuatu itu dimulai dari niat. Nah, niatkan dalam hati kalian untuk mantap berorganisasi karena nanti apabila tidak memantapkan niat maka fokus kalian bisa saja terpecah dan menjadi tidak all out.

2.  Ketahui dan carilah yang sesuai bakat dan minatmu
Banyaknya organisasi di kampus tentu membuat kalian bingung. Beberapa diantaranya ada yang bergerak dalam bidang keagamaan, olahraga, keilmuwan seperti forshei (Forum Studi Hukum Ekonomi Islam) yang bergerak dalam kajian ekonomi Islam dan masih banyak lagi. Sudah menjadi suatu keharusan bagi kalian untuk mengetahui apa bakat dan minat kalian karena dengan mengetahuinya, akan memudahkan untuk memilih organisasi apa yang bisa membantu mengembangkan bakat dan sesuai minat kalian.

3.  Jangan asal ikut-ikutan
Ada banyak penyakit yang sering diderita oleh mahasiswa baru ketika memilih organisasi. Salah satunya yaitu, asal ikut-ikutan. Karena teman kalian memilih suatu organisasi lantas kalian memutuskan untuk mengikuti organisasi tersebut. Padahal belum tentu organisasi yang cocok untuk teman kalian cocok juga untuk kalian. Ingat ya, pilihlah organisasi yang benar-benar sesuai dengan bakat dan minat kalian seperti yang dibahas di poin sebelumnya.
  
4.  Fokus
Penyakit lainnya adalah kurang fokus. Karena bingung dengan begitu banyak organisasi kampus yang menarik lantas kalian memilih banyak organisasi. Selain akan membebani kalian. Kebanyakan memilih organisasi juga malah akan membuat diri kalian tidak fokus dengan apa yang ingin kalian dapatkan dari organisasi tersebut. Hal tersebut tentu menjadi tidak efektif dan kurang produktif. Oleh karena itu kalian harus fokus dalam satu atau dua organisasi saja.

5. Bermanfaat
Ini yang paling penting ya, pilihlah organisasi yang bermanfaat. Pertimbangan untuk memilih organisasi adalah manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengikutinya. Kita bisa memilih organisasi yang bisa menambah motivasi belajar, kemampuan dan keterampilan, serta mendapatkan teman-teman baru.

Oke, mungkin itu ya teman-teman tips buat kalian supaya tidak salah dalam memilih organisasi. Tapi, tetap ingat jangan terlalu sibuk berorganisasi sehingga melupakan kewajiban kalian sebagai mahasiswa yaitu kuliah dan belajar.

Sumber gambar : inspiratorfreak.com
Penulis
(Kader forshei 2017)

Posting Komentar

0 Komentar