Islamic Finance Challenge (IFC) Regional Jawa Tengah dan DIY 2018



Survei literasi dan inklusi keuangan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan tahun 2016, tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah di Jawa Tengah sebesar 11,17% dan 13,77%. Untuk DIY, literasinya sebesar 9,45% dan inklusinya sebesar 13,45%. Hal ini sangat jauh dibandingkan dengan tingkat literasi dan inklusi keuangan secara umum dimana literasi dan inklusi di Jawa Tengah mencapai 33,51% dan 66,23%. Sedangkan literasi dan inklusi di DIY sebesasr 38,55% dan 76,79%.

Rendahnya tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan industri jasa keuangan syariah. Untuk itu, perlu dilakukan langkah-langkah yang inovatif dan aplikatif agar masyarakat dapat lebih memahami dan menggunakan industri jasa keuangan syariah.

Sebagai upaya untuk membangkitkan gagasan inovatif dan aplikatif tersebut, Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Industri Jasa Keuangan di Jawa Tengah bekerjasama dengan Forum Studi Hukum Ekonomi Islam [forshei] UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan kompetisi yang disebut dengan Islamic Finance Challenge (IFC) Regional Jawa Tengah dan DIY 2018dengan tema "Mewujudkan Jawa Tengah dan DIY Sebagai Poros Pertumbuhan Ekonomi dan Keuangan Syariah".

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah memberi wadah bagi mahasiswa dan dosen untuk memberikan ide, pemikiran dan gagasan yang inovatif serta aplikatif untuk pengembangan industri jasa keuangan syariah, khususnya di Jawa Tengah dan DIY. Kegitan ini diselenggarakan dengan beberapa rangkaian acara sebagai berikut :
1. Olimpiade Keuangan Syariah
2. Lomba Video Edukasi Keuangan Syariah
3. Sosialisasi Produk Keuangan Syariah
4. Call of Paper Dosen
5. Seminar Nasional

Informasi Ketentuan Teknis & Susunan Acara Kegiatan Olimpiade Keuangan Syariah, Lomba Video Edukasi Keuangan Syariah dan Sosialisasi Produk Keuangan Syariah terdapat didalam Booklet A.
Informasi Ketentuan Teknis Call of Paper Dosen & Susunan Acara Kegiatan Seminar Nasional terdapat didalam Booklet B.

Download Booklet A disini
Download Booklet B disini

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi :
0895-3105-3764 (Fitrianan Anindhika S) 
0813-9217-9155 (Milhatunnisa)


Posting Komentar

0 Komentar