Cara Jitu “Jurus Mahasiswa” Dapatkan Nilai A

Sunday, September 01, 2019

Sumber gambar : www.duniadosen.com
Selamat datang kami ucapkan bagi teman-teman yang baru memasuki dunia kampus, dunia yang penuh dengan kompetisi. Salah satu dari kalian pasti khawatir dan bertanya-tanya “bagaimana nanti kondisi kelas, bingung cari bangku, bingung cari teman yang click, dan bagian terpenting yakni bagaimana mendapatkan nilai A di semua mata kuliah”. Hal tersebut sudah menjadi sesuatu yang umum di kalangan mahasiswa baru, tidak jarang mereka bertanya-tanya kepada kakak tingkat akan permaslahan itu. Mungkin artikel ini akan sedikit membantu teman-teman mahasiswa baru, jadi baca hingga akhir, ya.

Informasi tentang kondisi kelas, kalian tidak perlu khawatir untuk berangkat pagi-pagi untuk cup tempat duduk kalian selama satu semester layaknya di masa sekolah, itu tidak berlaku di bangku perkuliahan. Kalian bisa bebas memilih bangku kuliah, sesuai tempat yang menurut kalian strategis. Usahakan duduk di sebelah orang yang membuat kalian nyaman, dan menunjang jalannya perkuliahan dengan lancar.

Kemudian cara mendapatkan nilai A yang merupakan momok di kalangan mahasiswa baru. Tidak perlu cemas dan khawatir selagi semua berjalan lancar pastinya kalian akan mendapatkan hasil yang memuaskan, berikut beberapa tips jurus jitu mendapatkan nilai A :

1. Siapkan Materi Sebelum Masuk Kelas

Hal ini penting dilakukan agar mendapatkan sedikit gambaran materi yang akan dibahas dalam kelas sehingga ketika masuk kelas tidak dengan pikiran kosong serta dapat menyerap materi lebih cepat bahkan bisa menambahkan penjelasan.

2. Aktif di Kelas.

Usahakan banyak berkontribusi saat diskusi berlangsung di kelas, mulai dari bertanya. Tetapi hal ini sudah lumrah di kalangan mahasiswa jika hanya “bertanya” dan sebagai info ketika kalian memilih aktif lewat bertanya kesempatannya begitu sempit, jangan berkecil hati dulu. Kami punya solusinya, jurus jitu yang tak terbantahkan adalah aktif melalui “menyanggah atau menambahkan” materi, karena sedikit mahasiswa baru yang berani melakukan hal ini.

3. Kerjakan Tugas Sebelum Deadline.

Sudah semestinya kalian memperhatikan tugas yang semakin hari semakin menumpuk, mengatur waktu harus menjadi keahlian kalian. Alangkah baiknya kerjakan tugas sebelum deadline, misal satu minggu sebelum atau ketika paginya dikasih malamnya dikerjakan.

4. Review Materi Hari Itu Pada Malam Hari.

Kebanyakan mahasiswa menggampangkan hal ini, padahal jika dilakukan sangat membantu jalannya program studi, khususnya ketika UTS dan UAS datang. Tidak perlu langsung belajar fase berat cukup review materi yang diterima hari itu.
Belajar Ketika UTS dan UAS
Seperti penjelasan sebelumya (review materi) jangan serta merta menepis belajar saat UTS dan UAS, penting dilakukan untuk membuat pemahaman mendalam serta membuat kesimpulan dari materi tersebut supaya mudah dicerna otak.

5. Perbanyak Do’a dan Shalat Sepertiga Malam.

Jurus terakhir, ketika kalian sudah mengupayakan segalam macam usaha mulai dari point pertama hingga akhir, yang perlu kalian lakukan adalah pasrah terhadap kuasa Allah Swt melalui berdo’a dan ikhlas, tidak ketinggalan mengamalkan shalat malam. Kita yang merencanakan Allah yang menghendaki.

Bagaimana menurut kalian? tips-tips diatas sudah cukup membantu atau belum, semoga sudah ya dan bisa bermanfaat serta diamalkan. Pesan terakhir, ketika kalian mengalami suatu kesulitan dalam akademik atau lainnya jangan sungkan untuk bertanya kepada kakak tingkat, malu bertanya sesat di jalan.


Milhatunnisa (Kader forshei 2017)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments