E-Magazine Falah Edisi XI "Startup Penggerak Ekonomi Indonesia Ala Milenial"

Thursday, November 21, 2019


Startup adalah semua perusahaan yang belum lama beroperasi atau perusahaan rintisan. Startup menjadi salah satu stategi bisnis di era revolusi industri 4.0 dimana kegiatan dalam perusahaan menggunakan teknologi digital. Selain itu startup dapat melahirkan perusahaan yang berkualitas dan memberikan dampak positif dalam mengatasi permasalahan- permasalahan yang terjadi dimasyarakat salah satunya dalam menyediakan lapangan pekerjaan. sehingga dapat menjadi senjata baru bagi penggerak ekonomi suatu negara. Bahkan, di Indonesia kabarnya tahun 2020 diprediksi area digital ini mampu menyumbang 11 persen Produk Domestik Bruto (PDB) atau sekitar Rp 1.831 triliun (Republika.co.id).

Dengan adanya hal tersebut banyak para pemuda millenial mencoba menuangkan ide-ide kreatifnya yang bermunculan dari permasalahan kehidupan yang ada disekitar kita menjadi sebuah Startup atau perusahaan rintisan. Kita perlu anak muda talenta di bidang teknologi, agar lebih banyak lahir perusahaan rintisan, startup yang berbasis teknologi" kata Jokowi. Startup Indonesia telah mendapatkan peringkat pertama di ASEAN. Tercatat sudah ada 5 startup unicorn di Indonesia dan salah satunya sudah masuk dalam startup decacorn. 992 startup Indonesia telah tercatat dalam Mapping & Database Startup Indonesia 2018 oleh BEKRAF.

Ekonomi Islam juga ikut berperan aktif dalam peningkatan perekonomian masyarakat melalui startup berbasis syariah seperti SyarQ dan GoHalalGo. Paradigma yang ada di ekonomi Islam menempatkan keadilan ekonomi sosial menjadi tujuan utama yang membantu mewujudkan kesejahteraan manusia melalui usaha bisnis yang sesuai dengan Maqasid Syariah yang mencakup perlindungan iman, kehidupan, keturunan, intelektual dan kekayaan.

Berangkat dari realita tersebut, kader forshei tertarik untuk menuangkan pemikiran dan pendapatnya ke dalam Majalah Falah edisi XI, dengan tema "Startup Penggerak Ekonomi Indonesia Ala Milenial"


Download E-Magazine Edisi X disini


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »