Kajian Roadshow FoSSEI Semarang


Semarang, 27/02/2020 – Forum Studi Hukum Ekonomi Islam (forshei) melaksanakan kegiatan Kajian Roadshow FoSSEI Semarang yang bertempat Laboratorium Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang. Acara  yang mengusung tema “Bagaimana Nasib Perekonomian Indonesia di Era Digital? ” diikuti oleh 40 orang peserta.

Kajian Roadshow merupakan salah satu proker FoSSEI Komisariat Semarang yang diadakan sebulan sekali dan ini dilakukan secara bergilir disemua KSEI yang ada di Semarang. Acara dimulai pada pukul 16.00 WIB dipandu oleh moderator yaitu Saudara Bintang Mahardhika Putra Bangsa. Selanjutnya dialihkan kepada pemateri yaitu saudara M. Faizul Mamduh yang  menyampaikan bahwa salah satu konsumen di dunia yang paling banyak adalah di Indonesia, dan salah satunya pengguna internet semakin bertambah pada tahun 2017 ke tahun 2018 mengalami peningkatan. 

Dampak ekonomi digital dalam perekonomian Indonesia memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya antara lain yaitu pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin tinggi, semakin banyaknya pengguna TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi) yang akan bisa membuka lapangan pekerjaan. Dampak negatifnya antara lain, Indonesia belum bisa menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia), kemudian belum mampu menyusun target - target dan peluang yang sudah dirancang, kemudian toko-toko yang ada dipinggiran yang belum tau tentang e -commerce itu akan tertinggal otomatis akan gulung tikar.

Adapun tantangan ekonomi digital yaitu SDM sangat kurang seperti fasilitas dan sistem regulasi, persaingan yang semakin ketat, demokrasi Indonesia berdasarkan penelitian yang paling tinggi perekonomiannya ada di Kalimantan dari pada di Jawa, Sedangkan di Jawa masih menduduki nomor tiga setelah Sumatera.

Kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dari Saudari Rohmatul Jannah kepada pemateri “Bagaimana bentuk pengawasan di perbankan Syariah terhadap ekonomi digital?" beliau menjawab "Setau saya dengan pengawasan berlapis, dari mulai sistem rekam dengan digital, manual, dan juga ada pengawasan secara internal dari pusat.

Sampai pada penghujung acara yang ditutup dengan bacaan Hamdalah bersama-sama dan semoga diadakannya Kajian Roadshow ini dapat menambah wawasan dan pengatahuan kita bersama dan diakhiri dengan foto bersama. 


Ferina Hotifa Sari
(Kader 2018)

Posting Komentar

0 Komentar