Jenis-Jenis Beasiswa yang Ada di UIN Walisongo

Biaya seringkali menjadi salah satu problematika yang dihadapi oleh mahasiswa ketika masa perkuliahan. Mulai dari biaya UKT, buku-buku penunjang perkuliahan, sampai living cost yang semakin mahal, menjadi beban tersendiri bagi sebagian mahasiswa. Tapi jangan khawatir, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meringankan biaya-biaya tersebut. Salah satunya adalah dengan mengikuti program beasiswa. Di kampus hijau
kita, ada berbagai macam beasiswa yang bisa diikuti dengan benefit yang berbeda beda. Yuk kita simak apa saja beasiswa yang ada di UIN Walisongo.

1.     Beasiswa Bidik Misi

Beasiswa pertama yang bisa kalian ajukan adalah Beasiswa Bidikmisi. Beasiswa Bidik Misi sendiri adalah beasiswa bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik dan juga prestasi yang mumpuni untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Namun di UIN Walisongo sendiri, Beasiswa Bidik Misi diperuntukkan bagi kalian yang sudah menjadi mahasiswa terlebih dahulu. Jadi pendaftaran akan dilakukan ketika kalian sudah memasuki semester 2. Nantinya, jika lolos dalam seleksi, biaya yang sudah dikeluarkan untuk membayar UKT pada semester 1 akan dikembalikan ke masing-masing mahasiswa. Benefit yang ditawarkan oleh beasiswa ini cukup banyak, diantaranya adalah dibebaskannya biaya UKT selama perkuliahan dan juga uang saku sebesar Rp. 700.000 setiap bulannya. Beasiswa Bidik Misi mempunyai 3 tahap seleksi, yaitu tes tertulis, wawancara, dan yang terakhir adalah survey rumah.

2.    Beasiswa Prestasi

Beasiswa yang kedua adalah beasiswa prestasi. Beasiswa prestasi bisa kalian apply mulai dari semester ke-2 dan seterusnya. Insentif yang diberikan adalah uang beasiswa sebesar Rp. 2.000.000. Perlu diketahui bahwa beasiswa ini bukanlah beasiswa berkelanjutan seperti Beasiswa Bidik Misi. Jadi, jika ingin mendapatkan beasiswa ini kembali, kalian harus mendaftar kembali di periode selanjutnya. Syarat untuk mengikuti beasiswa ini cukup mudah, yaitu hanya perlu mengumpulkan berkas-berkas seperti surat permohonan beasiswa, fc KTM, fc tanda pembayaran registrasi, surat keterangan berkelakuan baik, dan juga surat keterangan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain. Jika kalian ingin mengikuti beasiswa ini, pastikan IP kalian diatas 3.5 dan akan lebih baik lagi jika kalian mempunyai piagam penghargaan sebagai penunjang.

3.    Beasiswa Tahfidz

Beasiswa yang ketiga ini diperuntukkan bagi kalian-kalian yang mempunyai hafalan Al-Quran. Mulai dari mahasiswa semester 2 sampai dengan mahasiswa semester 10 bisa mendaftar beasiswa ini ketika pihak kampus membuka pendaftaran. Benefitnya adalah uang tunjangan sebesar Rp. 3.500.000. Syarat utama bagi kalian yang ingin mendaftar beasiswa ini adalah mempunyai piagam atau syahadah tahfidz minimal 10 juz yang telah dilegalisir oleh lembaga yang berwenang.

4.    Beasiswa BAZNAS

Beasiswa yang keempat ini disediakan oleh Badan Amil Zakat Nasional. Untuk beasiswa BAZNAS yang sering di-apply oleh mahasiswa UIN Walisongo adalah Beasiswa BAZNAS Jateng dan juga Beasiswa BAZNAS Kota Semarang. Keduanya mempunyai benefit dan juga persyaratan yang berbeda-beda. Untuk Beasiswa BAZNAS Jateng benefit yang diberikan adalah uang sebesar Rp. 3.500.000 yang dicairkan setahun sekali sampai kalian semester 8. Persyaratannya hampir sama dengan beasiswa pada umumnya, hanya saja beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa yang berdomisili di Jawa tengah saja. Sedangkan untuk Beasiswa BAZNAS Kota Semarang hanya dikhususkan bagi mereka yang mempunyai KTP Semarang. Insentif yang diberikan juga berbeda dengan Beasiswa BAZNAS Jateng, dimana Beasiswa BAZNAS Kota Semarang hanya diberikan selama satu tahun sebesar Rp.600.000. Selain uang, keuntungan mengikuti Beasiswa BAZNAS adalah dapat mengetahui sistem kerja di BAZNAS serta turut serta dalam kegiatan yang diadakan oleh BAZNAS.

5.    Beasiswa BI

Sesuai dengan namanya, Beasiswa BI adalah beasiswa yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Beasiswa ini adalah salah satu beasiswa most wanted-nya mahasiswa dimanapun, bukan hanya di UIN Walisongo saja. Dengan mengikuti beasiswa ini, banyak sekali pengalaman dan juga benefit yang didapatkan. Mulai dari relasi dari berbagai daerah, pelatihan softskill dan masih banyak lagi. Kegiatannya juga banyak sekali, seperti Leaders Camp yang berskala regional maupun nasional, Capacity Building, Outbond, Bedah Buku, Webinar, dll. Bantuan yang diberikan oleh pihak BI juga tidak sedikit loh, yaitu sebesar Rp.1.000.000 setiap bulannya selama satu tahun.

6.    Beasiswa Djarum

Satu lagi beasiswa yang menjadi incaran dari ribuan mahasiswa di UIN Walisongo, apalagi kalau bukan Beasiswa Djarum yang dikeluarkan oleh Djarum Foundation. Beasiswa ini adalah beasiswa sekali seumur hidup karena beasiswa ini hanya ditujukan bagi mahasiswa semester IV, jadi setelah semester IV tidak akan ada lagi kesempatan untuk mendaftar beasiswa ini. Selain mendapatkan uang saku sebesar Rp.750.000 per bulan selama satu tahun, awardee atau yang sering disebut dengan Beswan ini juga akan dibekali dengan berbagai macam soft skill. Beasiswa Djarum mempunyai beragam program yang sangat menarik. Diantaranya adalah Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, Community Empowerment, serta International Exposure.

Itulah tadi beberapa beasiswa yang biasanya dijumpai di UIN Walisongo. Sebenarnya masih banyak sekali beasiswa yang nantinya bisa kalian ikuti ketika sudah duduk di bangku perkuliahan. Kuncinya adalah jangan malas untuk mencari tahu tentang informasi beasiswa agar kalian tidak tertinggal. Menjaga kesehatan IP juga penting karena kebanyakan beasiswa mempunyai persyaratan IP diatas 3.00. Selain itu, kunci utama untuk mendapatkan beasiswa adalah jangan mudah putus asa dan menyerah ketika suatu saat nanti beasiswa kalian tidak diterima. Tetap berusaha dan jangan menyerah.

Semoga sukses!

sumber gambar: Hailshadow

Penulis
 

 

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Makasih min infonya bermanfaat banget, langsung mau persiapan buat dapet beasiswa

    BalasHapus