Teori Ekonomi Makro, Bahas Apa tho?

Kita tentu sering mendengar istilah ekonomi makro. Sebenarnya, apa sih ekonomi makro itu?

Ekonomi makro merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari peristiwa-peristiwa atau masalah-masalah ekonomi secara keseluruhan atau agregat. Peristiwa-peristiwa atau masalah-masalah tersebut diantaranya meliputi tingkat pendapatan nasional, pengangguran, inflasi, neraca pembayaran, dan perdagangan internasional.

Untuk mendapat gambaran menyeluruh tentang perekonomian nasional, kita dapat menggunakan model lingkaran kegiatan ekonomi (circular flow of economic activity). 

Maksudnya bagaimana ya? 

Dalam kegiatan ekonomi, tentunya kita mengenal 3 kegiatan utama, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan oleh berbagai pihak atau pelaku ekonomi, yang meliputi:
  1. Masyarakat atau Rumah Tangga Konsumen (RTK)
  2. Perusahaan atau Rumah Tangga Produsen (RTP)
  3. Pemerintah
  4. Luar Negeri

Nah, apabila hubungan timbal balik antara pelaku ekonomi diatas digambarkan, maka akan menunjukkan arus yang melingkar yang disebut lingkaran kegiatan ekonomi (circular flow of economic activity). Hubungan antara berbagai pihak atau pelaku tersebut dapat dinyatakan dalam arus barang/jasa dan arus uang yang saling berinteraksi di pasar. 

Setelah kita mengetahui konsep lingkaran kegiatan ekonomi (circular flow), kita perlu mengetahui model-model circular flow yang dibagi menjadi 3, yaitu :
  1. Model perekonomian dua sector, yaitu perekonomian yang terdiri dari sektor rumah tangga konsumsen (RTK) dan rumah tangga produsen (RTP). Pada model ini hanya terjadi interaksi antara konsumen dan produsen, dimana produsen menawarkan barang/jasa dan konsumen membelanjakan pendapatannya untuk mendapatkan suatu barang/jasa.
  2. Model perekonomian tiga sector, yaitu kegiatan perekonomian yang melibatkan sektor rumah tangga konsumsen (RTK), rumah tangga produsen (RTP), dan pemerintah. Pada model ini, posisi pemerintah berada di tengah-tengah antara RTK dan RTP, yaitu mengatur kegiatan keduanya, dimana RTK dan RTP wajib membayar pajak kepada pemerintah sebagai penerimaan negara. Selain itu, pemerintah juga melakukan pembelanjaan negara (aliran ke RTP) dan menggaji masyarakat (aliran ke RTK), keduanya termasuk pengeluaran negara (government).
  3. Model perekonomian empat sector yaitu kegiatan perekonomian yang melibatkan sektor rumah tangga konsumsen (RTK), rumah tangga produsen (RTP), pemerintah, dan sector luar negeri. Model ini sering disebut dengan perekonomiaan terbuka, karena melibatkan pihak luar negeri, dimana perekonomian negara melakukan kegiatan ekspor-impor dengan negara-negara lain.
Model circular flow diatas, dapat digunakan untuk menghitung pendapatan nasional lho, dengan mempertimbangkan jumlah pengeluaran nasional untuk membeli barang dan jasa yang dihasilkan dalam 1 tahun. Untuk mengetahui lebih jelasnya, teman-teman dapat membaca referensi yang terlampir ya.

Posting Komentar

0 Komentar