Empat Sehat, Lima Sempurna

Ketika mendengar kata “Empat Sehat Lima Sempurna” tentu yang akan terlintas dalam fikiran kita yaitu berkaitan dengan kesehatan. Namun hal tersebut tidak salah, karena yang akan kita bahas bukan hanya berkaitan dengan kesehatan jasmani saja, melainkan juga kesehatan rohani, dimana pembahasan tersebut yaitu berkaitan dengan ibadah. Perbuatan ibadah ialah perbuatan yang dilakukan dengan tata cara yang telah ditetapkan secara syariat islam.

Kali ini ibadah yang dimaksud adalah “Empat Sehat Lima Sempuna”. Yang terdapat dalam 4 sehat di ibadah yaitu Syahadad, Shalat, Puasa, dan Zakat, sedangkan penyempurna yang ke-5 adalah Haji bagi yang mampu. Semua rukun Islam tersebut merupakan kegiatan fisik yang harus diamalkan dan tentunya membawa manfaat baik dalam segi jasmani maupun rohani. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

1.   Mengucapkan dua kalimat syahadat

Rukun Islam yang pertama adalah mengucapkan dua kalimat syahadat wajib hukumnya bagi seseorang yang ingin menjadi seorang muslim.

Lafadz  dua kalimat syahadat:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

"Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah".

Di dalam dua kalimat syahadat tersebut dijelaskan secara tegas bahwa yang patut disembah hanyalah Allah SWT, dan Allah yang menguasai seluruh isi alam semesta. Dan bersaksi bahwa nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah.

2.  Shalat

Shalat merupakan tiang agama yang berupa serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam. Shalat fardhu atau wajib terdiri dari lima waktu yakni subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya’. Shalat fardhu merupakan ibadah wajib karena telah tertuang dalam QS. Al-Ankabut ayat 4, “Shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar”, dan QS. Al-Ankabut ayat ayat 45, “Dan dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu dapat mencegah perbuatan keji dan munkar”.

3.   Puasa

Sebagai seorang muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Tujuannya yaitu mencapai ketakwaan kepada Allah SWT. Di antara ibrah atau hikmah berpuasa adalah melatih kesabaran, menumbuhkan rasa empati terhadap orang yang kelaparan sehingga termotivasi hati kita untuk membantu orang yang kurang mampu. Selain itu, menurut ahli kesehatan, ibadah puasa juga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.

4. Zakat

Zakat merupakan kewajiban yang dikeluarkan pada harta seorang Muslim yang sudah mencapai haul dan nisab. Ada beberapa jenis zakat yaitu zakat fitrah yang dikeluarkan pada bulan Ramadan, ada juga zakat mal yaitu zakat yang dikeluarkan berdasarkan hasil perniagaan atau penghasilan.

5. Haji

Menunaikan ibadah Haji ke Baitullah merupakan kewajiban umat muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Pergi haji wajibnya dilakukan satu kali seumur hidup.

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

“…mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (QS. Ali-Imran: 97).

 

Sumber gambar: Swarnanesws.co.id

Penulis: Tim forshei materi 

Posting Komentar

0 Komentar